PDN Diserang Ransomware

PDN Diserang Ransomware: Begini Cara Jitu Pencegahannya!

Pada kamis (20/6/2024), Pusat Data Negara (PDN) Kominfo mengalami gangguan server yang disebabkan oleh serangan ransomware. Menurut kronologi kejadian, serangan ransomware ini pertama kali terdeteksi pada tanggal 20 Juni, namun baru diumumkan ke publik pada tanggal 24 Juni.

Para peretas menggunakan ransomware Brain Cipher, varian terbaru dari ransomware Lockbit 3.0, untuk mengenkripsi data di server PDN dan menuntut tebusan sebesar 131 miliar rupiah. Serangan ini mengakibatkan gangguan fatal di beberapa layanan imigrasi seperti di pelabuhan, bandara, serta di unit pelayanan paspor. 

Sebagai informasi, kejadian serupa juga pernah terjadi pada Mei 2023 lalu dimana Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menjadi korbannya. Serangan tersebut menggunakan ransomware Lockbit 3.0, versi pendahulu dari Brain Cipher.

Dampak Serangan Ransomware Terhadap Instansi Pemerintah

Melansir dari cnnindonesia, Kominfo menyebutkan bahwa sebanyak 210 instansi pusat dan daerah terkena dampak akibat serangan ransomware brain chiper. 

“Sebanyak 210 instansi pusat dan daerah terdampak peretasan,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), di Jakarta, Senin (24/6).

Semuel tidak merinci 210 instansi yang terdampak, tetapi ia mengklaim bahwa beberapa layanan sudah mulai pulih. Mengenai jumlah kerugian, ia hanya menyebut terganggunya layanan publik tanpa memberikan angka pasti.

Lantas, Bagaimana Cara Jitu Mencegah Serangan Ransomware?

Serangan ransomware baru-baru ini yang melumpuhkan Pusat Data Nasional (PDN), menegaskan betapa bahaya ancaman siber semakin berkembang. Pada bulan Januari, Corvus mengungkapkan bahwa jumlah serangan ransomware global pada tahun 2023 mencatat level puncak baru, meningkat sekitar 70% dibandingkan dengan tahun 2022.

Keadaan ini membuktikan betapa pentingnya penerapan langkah-langkah preventif yang kuat agar infrastruktur IT terlindungi dari serangan ransomware, yang dapat menyebabkan layanan lumpuh dan dampak kerugian finansial yang berat.

Salah satu solusi efektif untuk mencegah ransomware adalah dengan menggunakan Host Security Service (HSS) dari Huawei Cloud. HSS menawarkan berbagai fitur keamanan yang canggih untuk melindungi server, container, dan aplikasi dari berbagai jenis serangan siber, termasuk ransomware.

Berikut adalah beberapa manfaat dan keunggulan HSS dalam menangani masalah ransomware: 

  • Deteksi dan pencegahan dini: HSS menerapkan teknologi AI dan machine learning guna menemukan tindakan yang mencurigakan terkait ransomware, seperti pembatasan akses file secara ilegal dan aktivitas data yang tidak biasa. HSS memiliki kemampuan untuk menangkal aktivitas ini secara langsung sebelum ransomware berhasil merusak data Anda.
  • Deteksi 99% bentuk ransomware: HSS memiliki database dengan tingkat pengetahuan jenis ransomware sebanyak 99%. Data tersebut membuat HSS menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi server, perangkat dan aplikasi dari gangguan, enkripsi berbahaya, dan penyebaran virus, melawan ransomware di setiap fase, dan memutus rantainya.
  • Hemat Biaya dan Beban Kerja O&M: Huawei Cloud Host Security Service (HSS) menawarkan penghematan biaya dan pengurangan beban kerja operasional dan pemeliharaan (O&M). HSS ditagihkan berdasarkan penggunaan, mudah diinstal, dan dapat langsung digunakan setelah diaktifkan. HSS tidak memerlukan instalasi tambahan pada sistem operasi cloud publik. Dengan fungsi keamanan server dan kontainer yang terintegrasi, HSS mengurangi jumlah alarm dan beban kerja operasional.

Kesimpulan: Amankan Infrastruktur IT Anda dengan HSS

Dengan menggunakan Huawei Cloud HSS, Anda dapat melindungi infrastruktur IT dari serangan siber dan mencapai efisiensi operasional yang lebih tinggi dengan mengurangi tugas tim IT dalam memantau dan mengelola keamanan.

Jangan biarkan bisnis Anda rentan terhadap ancaman ransomware. Anda dapat menghubungi kami sekarang guna memperdalam pengetahuan tentang Host Security Service (HSS) serta cara solusi ini bekerja untuk melindungi data dan aplikasi penting Anda dari ancaman siber. 

Dapatkan penawaran khusus dan konsultasi langsung dengan tim ahli kami untuk mengimplementasikan solusi keamanan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Lindungi masa depan digital Anda dengan Huawei Cloud HSS hari ini!

Temukan Potensi Penuh Solusi Cloud yang Inovatif bersama Huawei Cloud

Segera upgrade bisnis Anda ke level berikutnya dengan Huawei Cloud!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
Wahyu Dwi

Categories:

Huawei Cloud

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts