10 Software Stok Barang Terbaik untuk Bisnis Anda di Tahun 2024

Salah satu langkah penting yang wajib diambil bagi setiap pelaku bisnis supaya tetap bisa  bersaing adalah dengan mengimplementasikan software stok barang atau inventory management. Dengan memakai software stok barang yang tepat, Anda akan mendapat jaminan kegiatan operasional bisnis lebih efisien dan optimal. Pelacakan stok barang secara real-time dan kemampuan menganalisis berbagai data seputar inventaris kantor dapat dilakukan di software ini. Anda punya bisnis ritel yang memiliki stok produk amat banyak, dan bingung cara memantaunya? Coba lihat apakah produk Anda tadi ada Barcode atau semacamnya? Kalau ada, pasti bisa kok untuk dilacak semua.

Begitu pentingnya software ini di berbagai industri dan oleh karena itu, di artikel spesial ini, kami akan memberikan rincian yang lengkap tentang rekomendasi software stok barang terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda di tahun 2024.

Asal Usul Barcode untuk Software Stok Barang

Barcode adalah “nadi” dari semua software stok barang. Software Anda akan membaca barcode ini dan menentukan apa jenis produk dan jumlah di balik barcode tersebut. Nah, supaya menambah wawasan kita, mari kita mencari tahu asal usul dari barcode ini..

Mungkin, tanpa Anda sadari, barcode telah menjadi bagian integral di kehidupan kita. Supermarket, Bandara, Terminal, Air Minum Dalam Kemasan, Paket Kiriman, dan masih banyak lagi benda atau proses pembayaran/identifikasi menggunakan barcode, meskipun bentuknya memang sudah berbeda-beda. Dulunya, bentuk barcode itu seperti gambar potongan kliping koran dari Yale University Press ini….

single image

Barcode pertama kali diciptakan oleh Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver in 1949. Barcode ini sebenarnya “turunan” dari kode Morse. Woodland menuliskan representasi titik dan garis dari nomor produk dan memperluas garis masing-masing secara vertikal sehingga menciptakan kode batang linier pertama. Untuk membaca barcode ini, Woodland mengadaptasi sistem suara DeForest. Sistem ini menggunakan tabung sensitif untuk mendeteksi cahaya proyektor yang menyinari sisi film. Dalam industri film, cahaya yang terdeteksi akan diubah menjadi suara. Di dalam konteks barcode scanner, cahaya yang dipantulkan tadi akan diubah menjadi angka. Angka-angka ini akan merepresentasikan sebuah produk.

Setelah dipatenkan di IBM, sistem ini belum langsung dapat diterima. Sampai pada akhirnya, di April 1973, barcode UPC (Universal Product Code) diadaptasi sebagai standar barcode untuk toko ritel di Amerika Serikat. Kemudian, barcode berkembang menjadi berbagai bentuk, seperti QR code misalnya.  

Sebelum ke daftar rekomendasi, kira-kira apa manfaat lainnya dari software ini?

Manfaat Penggunaan Aplikasi Stok Barang

single image

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan software stok barang:

  • Pengelolaan Inventaris yang Lebih Efisien: Software ini memungkinkan Anda untuk melacak jumlah barang secara akurat, termasuk di mana lokasi penyimpanannya. Dari sini, Anda juga bisa mengoptimalkan penggunaan ruang gudang perusahaan. Misalnya, produk yang harus segera “dijual” karena sudah mendekati masa expired, sebaiknya diletakkan di yang paling ujung. 
  • Meminimalisir Kehilangan Stok: Setiap item yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, diwajibkan untuk di-scan barcode-nya supaya sistem tahu posisi terbaru dari item tersebut.
  • Akurasi Data: Penggunaan software ini meminimalkan kesalahan manusia dalam pencatatan stok, mengurangi kesalahan dalam menghitung stok atau melakukan penyesuaian stok secara manual.
  • Perencanaan Persediaan yang Lebih Baik: Dengan data stok yang akurat, Anda dapat melakukan perencanaan persediaan yang lebih baik, mengidentifikasi pola penjualan, tren permintaan, dan faktor musiman, sehingga dapat memprediksi kebutuhan stok di masa depan dan mengatur pembelian barang dengan tepat waktu.
  • Integrasi dengan Sistem Lain: Sebaiknya cari software stok barang yang dapat diintegrasikan dengan sistem lain di perusahaan Anda supaya proses bisnis secara keseluruhan bisa semakin efektif dan efisien. 
  • Fitur Reporting Lengkap: Software ini biasanya dilengkapi dengan fitur analisis dan pelaporan yang memungkinkan pengguna untuk memonitor inventaris secara menyeluruh.

Penggunaan software ini bisa menjadi investasi pilihan bagi Anda yang ingin bisnisnya terus berkembang dan bersaing di luar sana. 

Baik, sekarang kita akan masuk ke daftar rekomendasi yang telah kami himpun. 

Rekomendasi 10 Software Stok Barang Terbaik untuk Bisnis

Memilih software stok barang untuk perusahaan Anda bukanlah hal yang mudah. Selain karena banyaknya penyedia aplikasi stok barang di Indonesia, Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda. Apakah Anda perlu fitur stok barang dengan kemampuan dasar atau yang sangat kompleks. 

Berikut adalah 15 rekomendasi software stok barang yang bisa Anda perhitungkan

1)  SAP S/4HANA Public Cloud Edition

Salah satu “nenek moyang” sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang ada di dunia. Dalam konteks corporate, hampir semuanya pasti pernah mendengar SAP. Nah, salah satu produk yang sering digunakan perusahaan adalah SAP S/4HANA. Tahukah Anda kalau 85 dari 100 perusahaan di dunia menggunakan SAP S/4HANA.

Sistem ERP ini memiliki sejumlah modul di dalamnya yang siap untuk Anda gunakan, salah satunya adalah modul Supply Chain Management. Dengan modul ini, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti merencanakan, melaksanakan, dan memantau pergerakan barang dari proses produksi sampai dengan proses pengiriman. Kemudian, Anda juga bisa meningkatkan kualitas pengambilan keputusan karena modul ini dapat memberikan visibilitas penuh terhadap pergerakan barang, dan tren kinerja supply chain global. 

Beberapa contoh fitur yang ada di dalam modul Supply Chain Management lainnya adalah:

  • Inventory Management
  • Warehouse Management
  • Transportation Management
  • Product Availability View

2)  Inventory Management dari IOGreen Solution

IOGreen Solution adalah software manajemen inventaris yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola stok mereka dengan efisien. Berikut adalah beberapa fitur unggulannya:

Pelacakan Stok Real-Time

IOGreen Solution menyediakan pelacakan stok secara real-time, memungkinkan bisnis untuk memantau jumlah barang yang ada di gudang setiap saat. Fitur ini membantu menghindari kekurangan atau kelebihan stok dan memastikan ketersediaan barang yang diperlukan.

Manajemen Multi-Gudang

Software ini mendukung manajemen inventaris di berbagai lokasi gudang, memudahkan bisnis dengan operasi yang tersebar di beberapa tempat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengontrol stok di setiap lokasi dengan mudah dan efisien.

3)  eStock: Aplikasi Stok Barang Sederhana di Smartphone

eStock adalah aplikasi stok barang yang dirancang untuk membantu Anda mengelola inventaris dengan mudah dan ringkas. Software ini cocok untuk usaha mikro atau perorangan dan hanya bisa diakses lewat smartphone (tidak memiliki versi desktop app maupun website).  

4)  Keeper: Inventory Management Sederhana Berbasis Cloud

Keeper adalah platform manajemen stok barang berbasis web yang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pencatatan, pelacakan, dan pengelolaan inventaris secara terintegrasi. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan intuitif, Keeper memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah mengakses informasi stok mereka secara real-time dari mana saja. 

Fitur-fitur canggih seperti notifikasi otomatis saat stok mendekati batas minimum, pelaporan terperinci, dan kemampuan untuk mengelola beberapa lokasi gudang sekaligus, menjadikan Keeper solusi yang sangat efisien dan efektif bagi bisnis yang ingin meningkatkan kontrol dan visibilitas terhadap inventaris mereka. Platform ini tidak hanya membantu mengurangi risiko kehabisan stok atau kelebihan persediaan, tetapi juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik melalui analisis data yang akurat dan terkini.

5)  EQUIP: Aplikasi Inventory Barang 

Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkannya, software stok barang EQUIP memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan operasional mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien. EQUIP menawarkan solusi yang handal dan inovatif, membantu perusahaan untuk tetap bersaing dalam pasar yang terus berkembang dan dinamis. 

Melalui kemampuan pelacakan inventaris real-time, manajemen pesanan otomatis, dan analisis data yang mendalam, EQUIP memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik dan strategis. Dengan demikian, perusahaan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan memaksimalkan produktivitas, yang semuanya berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.

6)  Inventory Management dari NetSuite

NetSuite Inventory Management adalah solusi manajemen inventaris yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola persediaan barang mereka dengan lebih efektif dan efisien. Software ini menawarkan beberapa fitur, seperti:

  • Melacak stok barang di seluruh lokasi dan saluran penjualan secara real-time.
  • Mendapatkan informasi tentang status stok, lokasi, dan pergerakan barang secara akurat.
  • Mengelola persediaan barang di beberapa gudang secara terpusat.
  • Mengoptimalkan transfer barang antar gudang untuk meminimalisir biaya logistik.

7)  Odoo

Odoo adalah penyedia software bisnis yang berasal dari Belgia. Diciptakan oleh Fabien Pinckaers pada tahun 2005, yang awalnya dikenal sebagai TinyERP, kemudian berganti nama menjadi OpenERP sebelum akhirnya menjadi Odoo pada tahun 2014. Odoo di Indonesia masih tergolong sesuatu yang baru. Namun, Odoo mulai mendapatkan perhatian karena menawarkan all in one software bisnis dengan harga yang terjangkau. Beberapa contohnya, seperti manajemen pelanggan, inventaris, penjualan, akuntansi, dan lainnya.

8)  Connected Inventory Performance CIN7

CIN7 adalah software stok barang atau inventory management berbasis cloud asal Selandia Baru. Dengan slogan Manage less. Sell more. Connect everything. CIN7 menjanjikan gambaran real-time dari semua yang Anda buat dan jual, di mana pun Anda membutuhkannya – di seluruh sistem, channel, pasar, dan wilayah.

9)  Software Stok Barang Inflow

Inflow adalah seperti software inventory management semacamnya. Namun, salah satu pembeda dari software ini adalah kemampuan integrasinya dengan berbagai macam e-commerce dan layanan logistik dunia, seperti amazon, UPS, Etsy, DHL dan sejenisnya. Selain itu, layanan ini juga menyediakan perangkat kerasnya sekalian, salah satu contohnya adalah barcode scanner dan printer-nya.  

10)  Pengguna Quickbooks Pasti Butuh Fishbowl

Fishbowl adalah software stok barang yang dikembangkan oleh Intuit. Nah, karena itu, Intuit Quickbooks dan Fishbowl ini bisa terintegrasi secara native. Quickbooks handle urusan akuntansi atau pembukuan sedangkan Fishbowl handle masalah manajemen pergudangan. 

Pilihan Software Stok Barang Ada di Tangan Anda

Teknologi pada akhirnya dapat memudahkan kita. Dulunya, urusan cek stok gudang itu harus 100% dilakukan secara manual. Sekarang, proses tersebut bisa berjalan lebih efektif dan efisien karena bantuan teknologi. Sayangnya, semakin ke sini, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan terkait sistem teknologi pengelolaan stok barang ini.

Pada akhirnya, penerapan sistem teknologi tetap harus Anda lakukan. Untuk membantu Anda memilih hal ini supaya tepat dengan kebutuhan bisnis perusahaan, ada baiknya Anda melakukan diskusi dengan partner implementasi yang terpercaya dan berpengalaman. Anda tidak perlu bingung mencari, karena Anda sudah menemukannya sekarang. Terima kasih sudah membaca dan semoga dapat membantu. 

Optimalkan seluruh proses bisnis perusahaan Anda di satu tempat

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi.

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
A. Alfan Alif

Categories:

SAP S/4HANA

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts