Ingin Menghubungkan AI ChatGPT dengan Lark? Begini Caranya!

Apa yang membuat sebuah perusahaan jadi lebih kompetitif? Jawabannya bisa bermacam-macam, tapi yang jelas, di tahun 2024 ini, bisnis yang bisa memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) akan memiliki peluang sukses yang lebih besar. Dengan AI ChatGPT yang mengubah cara kerja kita, saatnya kita berpikir ulang soal produktivitas di zaman sekarang. 

Nah, dengan menghubungkan ChatGPT ke Lark, efisiensi kerja bisa meningkat dengan mudah. Di blog ini, kami akan menjelaskan lima langkah sederhana untuk menghubungkan ChatGPT AI kedalam Lark. Yuk, simak dan lihat bagaimana cara termudah untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya!

Kenapa Integrasi AI ChatGPT dengan Lark Penting untuk Bisnis Anda?

Menghubungkan ChatGPT kedalam Lark bisa memberikan banyak keuntungan untuk kerjaan Anda, seperti:

  1. Anda tidak perlu lagi bolak-balik antara web dan aplikasi Lark. Dengan integrasi ChatGPT dengan Lark, Anda bisa langsung mendapat info tanpa harus geser-geser antara aplikasi atau halaman web lain. Jadi, lebih hemat waktu dan bisa selalu fokus.
  2. Alur kerja dan pemikiran Anda tidak akan terpotong. Setelah interaksi dengan ChatGPT di Lark, Anda dapat langsung bekerja. ChatGPT mempermudah Anda menyelipkan kecerdasan buatan ke alur kerja tanpa membuat pemikiran Anda menjadi kacau.
  3. Kolaborasi menjadi lebih lancar dengan mengundang ChatGPT menjadi salah satu anggota tim Anda untuk brainstorming atau diskusi. ChatGPT bisa ikut serta membantu tim Anda dan kasih masukan berharga selama diskusi berjalan

5 langkah Mudah Untuk Mengintegrasikan ChatGPT dengan Lark

Anda dapat dengan mudah menghubungkan AI ChatGPT kedalam lark, berikut adalah 5 langkahnya: 

1. Mendaftar di Lark Tenant

Jika Anda belum mendaftarkan perusahaan Anda sebagai tenant Lark, Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan panduan registrasi secara gratis. Karena ChatGPT adalah kecerdasan buatan berbasis percakapan, sangat disarankan untuk mengundang semua anggota tim Anda ke Lark setelah pendaftaran, sehingga ChatGPT dapat digunakan untuk seluruh tim di perusahaan Anda.

2. Lakukan registrasi di OpenAI secara gratis dan temukan “API Keys” nya

Selanjutnya, kunjungi https://openai.com/ dan klik tombol “Sign up” di sudut kanan atas halaman. Untuk mendaftar, gunakan alamat email dan nomor telepon yang sering Anda gunakan.

ai chatgpt

Setelah log in, pilih “API” dan buat kunci rahasia. Karena kunci tersebut hanya akan ditampilkan sekali, pastikan untuk menyalin dan menyimpannya di tempat yang aman.

ai chatgpt

3. Buat dan kreasikan aplikasi Anda sendiri dengan Lark Open Platform 

Langkah awal untuk mulai membuat aplikasi anda sendiri adalah login dengan akun Lark Anda. Lalu, buka Lark Open Platform dan klik “Create App”, disini anda dapat mengatur foto profil dan nama aplikasi Anda. Setelah itu, aktifkan fitur bot untuk aplikasi kustom ini di developer console. Anda juga dapat sesuka hati melakukan penggantian nama / foto profil aplikasi.

ai chatgpt

4. Sudah siap? Sekarang waktunya implementasi kode!

Untuk memulai chat dengan ChatGPT di Lark, pastikan pesan Anda berhasil dikirim ke OpenAI dan mendapatkan respon. Caranya, atur URL permintaan di fitur bot untuk aplikasi khusus yang Anda buat di Lark Open Platform. 

Buat URL ini di platform Function-as-a-Service yang Anda tahu. Saat coding, pastikan Anda menyertakan dependensi yang dibutuhkan dan kunci yang benar seperti yang dijelaskan di bawah ini.

artificial intelligence

Anda bisa menemukan App ID, App Secret, dan nama aplikasi kustom Anda di Lark Developer Console pada halaman Credentials & Basic Info. Sekarang, tinggal tempelkan API Key dari OpenAI yang Anda dapatkan di langkah 2.

APPID = ID aplikasi Lark kustom Anda

SECRET = App secret dari Aplikasi Lark kustom Anda

BOTNAME = Nama aplikasi Lark kustom Anda (contohnya, kami sebut “Larkie Enterprise GPT”)

KEY = Secret key atau API key dari akun OpenAI Anda

5. Aktifkan semua izin yang dibutuhkan, tempel URL permintaan Anda, dan jalankan

Setelah Anda selesai melakukan pengujian kode, salin URL permintaan dari AirCode dan tempelkan ke aplikasi kustom Anda, di bagian Fitur – Bot – Pengaturan Bot.

integrasi lark

Sebelum Anda resmi meluncurkan bot tersebut, pastikan untuk menandai izin yang diperlukan untuk diberikan kepada OpenAI agar bisa membaca dan merespon pesan dari obrolan 1:1 dan grup di Lark. Bergantung pada bagaimana Anda ingin menggunakan ChatGPT dalam tugas lainnya, mungkin Anda perlu menyalakan izin untuk membaca Kalender, Dokumen, dan lainnya.

lark features

Setelah itu, tunggu sebentar dan klik “Kirim untuk Dirilis”. Setelah disetujui oleh atasan atau kepala tim yang ditugaskan di Lark, Anda bisa mulai menggunakan AI ChatGPT untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Baca Juga: Slack dan Lark Adalah Platform Kolaborasi Bisnis Terbaik, Manakah Yang Paling Tepat untuk Anda?

Rahasia Sukses Menggunakan ChatGPT dengan Lark: 3 Tips Pertama yang Perlu Anda Pahami

Ada beberapa manfaat menggunakan ChatGPT untuk pekerjaan, tapi kami paham bahwa prinsip “semakin banyak, semakin baik” tidak selalu berlaku. Untuk memaksimalkan sumber daya pengembang dan keunggulan ChatGPT, berikut beberapa tips saat mengintegrasikannya dengan Lark:

  1. Pastikan Anda paham dan jelas dengan apa yang ingin Anda lakukan dengan ChatGPT. Hal ini akan membantu Anda mengatur izin di platform terbuka Lark dengan cepat dan memastikan pengalaman yang lancar sebelum meluncurkan integrasi pertama Anda.
  2. Pahami baik-buruknya ChatGPT dan tetapkan ekspektasi yang realistis. Meskipun ChatGPT bagus untuk brainstorming, merangkum teks panjang, dan mengelola data besar, namun perlu diingat bahwa ia memiliki keterbatasan. Misalnya, ChatGPT tidak cocok untuk melakukan verifikasi fakta dan bisa memberikan tautan palsu.
  3. Kenali persyaratan data dan keamanan bisnis Anda untuk menggunakan ChatGPT tanpa risiko pelanggaran. Sebelum menambahkan ChatGPT ke toolbox Lark Anda, pastikan untuk meninjau kebijakan keamanan perusahaan dan regulasi data serta konsultasikan dengan tim terkait, seperti hukum dan IT, untuk mendapatkan persetujuan.

Ingin memulai sekarang? Dapatkan Lark untuk bisnis Anda dan mulai membangun aplikasi kustom pertama Anda yang ditenagai AI dengan mudah ↓

Coba Lark Sekarang: Optimalkan Kolaborasi Tim Anda!

Tingkatkan produktivitas tim Anda dengan Lark sekarang! Dapatkan kolaborasi yang lebih efisien, proyek yang sukses, dan pengalaman kerja yang lebih baik. Coba Lark sekarang dan optimalkan cara tim Anda bekerja!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
Wahyu Dwi

Categories:

Lark Suite

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts