Cara Jitu Meningkatkan Customer Satisfaction 2024

7 Cara Jitu Meningkatkan Customer Satisfaction 2024

Share on:

Bayangkan ada sebuah toko yang selalu menyediakan apa yang Anda butuhkan, memberikan pelayanan yang cepat dan ramah, serta selalu siap mendengarkan masukan Anda. Sudah pasti toko tersebut menjadi favorit dan Anda akan lebih sering berbelanja bahkan menyarankannya kepada orang lain. Itulah yang dinamakan customer satisfaction atau kepuasan pelanggan.

Meningkatkan customer satisfaction sendiri bisa membantu mempertahankan loyalitas pelanggan dan memastikan suatu bisnis agar bisa terus berkembang. Lantas, bagaimana cara meningkatkannya? Adapun artikel ini telah merangkumkan tujuh cara jitu yang bisa Anda terapkan agar pelanggan selalu merasa puas. Yuk cari tahu!

Apa Itu Customer Satisfaction?

Apa Itu Customer Satisfaction

Menurut ASQ, Pengertian kepuasan pelanggan atau customer satisfaction adalah pengukuran yang menentukan seberapa puas pelanggan dengan produk, layanan, dan kemampuan perusahaan. Kepuasan pelanggan terdiri dari beberapa aspek, mulai dari kualitas produk, kemudahan penggunaan, hingga pelayanan yang diberikan oleh staf.

Ketika pelanggan merasa puas, mereka cenderung kembali untuk membeli lagi dan bahkan merekomendasikan perusahaan atau bisnis kepada orang lain, tanpa disuruh atau dibayar. Sebaliknya, jika merasa kecewa, besar kemungkinan mereka akan mencari alternatif lain.

Bahkan, menurut SurveySparrow, ada sebanyak 95% pelanggan yang memiliki pengalaman buruk dengan suatu perusahaan akan menceritakannya kepada orang lain. Jadi, Anda bisa saja kehilangan calon pelanggan potensial hanya dengan mendengarkan testimoni buruk dari pelanggan tersebut.

Maka dari itu, meningkatkan customer satisfaction menjadi salah satu hal yang sangat penting agar perusahaan atau bisnis bisa terus berkembang.

Cara Jitu Meningkatkan Customer Satisfaction

Cara Jitu Meningkatkan Customer Satisfaction

Setelah mengetahui apa itu dan pentingnya customer satisfaction bagi suatu bisnis atau perusahaan, kini Anda perlu berusaha meningkatkannya agar pelanggan tetap betah dan semakin royal. Adapun berikut ini adalah tujuh tips jitu yang bisa Anda coba, antara lain:

1.  Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan bisa dengan memberikan pengalaman unik dan relevan bagi masing-masing orang. Hal ini akan membuat mereka merasa diistimewakan dan mendapatkan pengalaman yang baik selama bertransaksi dengan perusahaan atau bisnis Anda.

Cara personalisasi pengalaman pelanggan sendiri bisa merekomendasikan produk berdasarkan pembelian sebelumnya hingga mengirimkan ucapan atau penawaran khusus pada hari ulang tahun mereka. Selain itu, personalisasi juga bisa berupa komunikasi yang disesuaikan, seperti email yang menggunakan nama pelanggan atau menyajikan konten yang relevan dengan minat mereka.

2.  Pahami Kebutuhan Pelanggan

Memahami kebutuhan dan mendengarkan apa kata mereka bisa menjadi kekuatan bagi Anda yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan. Cara memahami kebutuhan pelanggan dan mengetahui apakah mereka puas dengan produk Anda atau tidak adalah dengan menanyakannya. Bukan hanya sekedar berbicara langsung, tetapi Anda juga bisa memanfaatkan survei atau kuesioner.

Dengan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan, perusahaan bisa mengadaptasi produk, layanan, dan strategi komunikasi untuk bisa memenuhi harapan mereka. Jadi, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada akhirnya, cara ini bisa meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan terhadap suatu brand.

3.  Pelayanan Pelanggan yang Responsif

Ketika ingin komplain atau menanyakan sesuatu, keberadaan pelayanan pelanggan atau customer service yang responsif pastinya memberikan kepuasan tersendiri. Menurut Surveysparrow, ada 40% pelanggan akan berhenti berbisnis dengan suatu perusahaan jika mereka menerima layanan pelanggan yang buruk.

Maka dari itu, Anda harus memastikan agar bisa memberikan pelayanan pelanggan terbaik yang bisa menjawab pertanyaan, memberikan masukan, hingga solusi pada keluhan pelanggan dengan cepat dan efektif. Selain itu, tim layanan pelanggan yang responsif juga siap memberikan bantuan kapan saja dan bisa melalui berbagai tempat, mulai dari telepon, email, live chat, hingga media sosial.

4.  Gunakan Feedback dari Pelanggan

Feedback adalah tanggapan yang diberikan oleh seseorang atau kelompok terhadap hasil kerja, suatu proses, hingga produk. Feedback dari pelanggan menjadi informasi penting yang harus bisa Anda olah untuk memberikan produk atau layanan yang lebih baik. Perusahaan bisa tahu apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan agar bisa sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Merespon feedback dari pelanggan juga mencerminkan bahwa suatu bisnis atau perusahaan peduli terhadap pengalaman pelanggan dan siap untuk memperbaiki diri demi meningkatkan kualitas layanan atau produknya. 

5.  Memberikan Garansi atau Pengembalian Dana

Garansi atau pengembalian dana berarti memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa produk atau layanan yang mereka beli mempunyai kualitas yang dijamin. Jika ada masalah atau ketidakpuasan, pelanggan bisa merasa lebih nyaman untuk mencoba produk tanpa khawatir mengalami kerugian. 

Cara ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan secara langsung, tetapi juga membangun reputasi positif yang bisa menarik pelanggan potensial baru.

6.  Optimalkan Proses dan Sistem

Proses yang dimaksud bisa berupa waktu dan cara yang dibutuhkan bagi pelanggan untuk mendapatkan suatu produk atau layanan. Sementara sistem, bisa berarti teknologi yang digunakan pelanggan untuk bertransaksi dengan bisnis atau perusahaan Anda. Semakin cepat proses dan mudahnya sistem akan memberikan kepuasan tersendiri hingga mereka menjadi pelanggan yang loyal. 

Contohnya, optimasi proses dan sistem dalam sebuah toko online bisa berupa memperpendek waktu pengiriman agar pelanggan bisa segera menggunakan atau menikmati produk tersebut. Selain itu, bisa juga dengan permudah sistem pembayaran atau gunakan platform yang user friendly.

7.  Memberikan Reward kepada Pelanggan Setia

Terakhir, Anda bisa memberikan reward atau penghargaan kepada pelanggan setia, seperti diskon eksklusif, penawaran khusus, atau program yang memberikan poin atau hadiah bagi setiap pembelian atau tindakan tertentu yang dilakukan oleh pelanggan. 

Dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan setia, perusahaan tidak hanya meningkatkan kepuasan mereka, tetapi juga mendorong pelanggan untuk tetap menggunakan produk atau layanan Anda secara terus-menerus.

Kesimpulan

Meningkatkan customer satisfaction menjadi hal yang penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dengan menerapkan tujuh cara jitu yang telah dibahas, Anda bisa memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan, mulai dari personalisasi layanan hingga memberikan reward kepada pelanggan setia.

Pelanggan yang puas tidak hanya akan kembali lagi, tetapi juga akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Maka dari itu, teruslah berinovasi dan berusaha memberikan yang terbaik untuk pelanggan Anda.

Jika Anda sedang mencari solusi yang bisa membantu mengoptimalkan customer satisfaction, tidak perlu khawatir karena ada Weefer dengan Customer Service Suite yang menghadirkan layanan omnichannel yang seamless dan didukung oleh AI powerful. Weefer bisa membantu meningkatkan efisiensi tim Anda dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan customer satisfaction Anda bersama Weefer dan coba gratis sekarang juga!

Perkuat Hubungan Pelanggan Anda dengan Freshservice Customer Service Suite!

Segera tingkatkan pengalaman pelanggan Anda dengan Freshservice Customer Service Suite. Dapatkan uji coba gratis sekarang!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Customer Service Suite
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!