jangan gunakan sistem erp finance jika belum tahu manfaat dan 9 fiturnya ini

Jangan Gunakan Sistem ERP Finance Jika Belum Tahu Manfaat dan 9 Fiturnya Ini

Share on:

Dulunya, ada dua modul yang menjadi komponen inti dari sebuah ERP. Mereka berdua adalah modul Manufacturing dan modul Finance. Iya, Anda tidak salah baca, modul ERP finance juga masuk ke dalam “founding fathers”nya ERP, meskipun manufacturing memang yang pertama. Seiring berkembangnya sistem teknologi, saat ini ERP sendiri memiliki sejumlah fitur dan modul lainnya yang tetap memiliki peran mendasar yaitu untuk membantu perusahaan atau organisasi mengelola semua proses bisnisnya, termasuk di urusan produksi dan pengiriman barang. Dan, salah satu yang terpenting berikutnya adalah urusan pengelolaan uang atau finansialnya. Di sinilah, modul ERP Finance menunjukkan perannya. Para CFO dan manajer keuangan, Anda semua harus menyimak informasi satu ini.

Oh, sebelumnya, tahukah Anda? Oxford Economics dan SAP pernah membuat survei ke 600 eksekutif keuangan perusahaan di Oktober – November 2023 kemarin. Ada salah satu pertanyaan yang lumayan stand out. Kurang lebih begini, apa proses finansial yang paling banyak memakan waktu dan semestinya bisa ini kalau diotomatiskan dengan sistem? Proses financial closing menjadi urutan pertama. Untuk informasi, financial close ini merujuk pada proses verifikasi dan penyesuaian saldo perusahaan pada akhir siklus akuntansi (seringkali pada akhir kuartal atau akhir tahun). Kemudian, peringkat berikutnya diduduki oleh…..

kebutuhan sistem erp finance

Apa Itu Modul ERP Finance?

Modul ERP Finance adalah komponen inti wajib dari sebuah sistem ERP yang mana modul ini dapat mengelola dan mengotomatiskan fungsi dan kinerja keuangan perusahaan. Anda bisa anggap ini sebagai pusat keuangan, tempat berbagai aliran data keuangan dapat terpantau, dan dirancang untuk mengatur dan mengotomatiskan tugas-tugas yang berkaitan dengan akuntansi dan manajemen keuangan, termasuk hutang dan piutang, pengeluaran, dan pengelolaan invoice. Modul ini juga dapat memberikan sejumlah insights keuangan melalui fitur pelaporan yang mana sudah memenuhi standar compliance setempat. 

Bayangkan kalau perusahaan Anda adalah sebuah perusahaan multinasional yang membuat alat-alat elektronik. Mengingat Anda menjual peralatan di beberapa negara dengan mata uang dan aturan akuntansi plus perpajakan yang berbeda, sebaiknya harus pasang harga berapa yah untuk setiap produk yang terjual? Berapa banyak yah biaya pembuatan dan operasional pabrik manufakturnya? Apa mungkin lebih baik tak pakai pabrik, jadi langsung kirim saja produknya dari pabrik manufaktur pusat A ke lokasi penjualan? 

Semua pertanyaan ini yang mana beberapa diantaranya ada yang bersifat forecasting, jawabannya bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah jika menggunakan sistem ERP finance. Modul ini dapat secara otomatis menyatukan sistem dan sumber data keuangan yang berbeda-beda, sehingga memudahkan pengelolaan semua aspek keuangan Anda, termasuk pelaporan, penanganan standar akuntansi, dan perencanaan keuangan.

Meskipun modul ERP finance sudah hadir sejak lama dalam membantu proses keuangan, saat ini beberapa inovasi baru seperti AI dan Machine Learning yang mana memungkinkan analisis prediktif telah banyak menambah value dari modul ini lebih jauh lagi. Dan, karena modul ini sering kali ditawarkan sebagai layanan cloud, maka modul tersebut dapat lebih mudah jika mau diperbarui dengan fitur baru. Okay, mari kita bahas apa saja contoh fitur di sini 

Sejumlah Fitur di Modul ERP Finance

Untuk lebih memahami apa yang saja kemampuan dari modul finance ini, mari kita lihat beberapa fitur utamanya secara singkat.

1)  Pengelolaan Buku Besar Akuntansi

Semua orang finance pasti tahu buku besar akuntansi ini. Buku besar ini mencatat transaksi keuangan perusahaan Anda, mencatat penjualan, pengeluaran, pembelian, inventaris, arus kas, aset, kewajiban, dan ekuitas. Modul ERP finance apapun harus “dimulai” dengan buku besar, karena ini merupakan landasan dari semua laporan keuangan perusahaan. Kalau dari sini sistemnya sudah kurang sesuai, maka sebaiknya Anda mencari yang lain. 

2)  Hutang usaha

Hutang usaha adalah salah satu jenis akun utama dalam buku besar. Ini adalah catatan hutang jangka pendek organisasi Anda kepada pemasok dan kreditor, yang muncul sebagai liability di neraca Anda. Sebagai bagian dari modul ERP finance, fitur ini mencakup beberapa kemampuan, seperti manajemen invoice dan supplier. 

3)  Piutang

Piutang adalah jenis akun utama lainnya dalam buku besar dan merupakan kebalikan dari hutang. Ini adalah catatan tentang utang pelanggan Anda kepada perusahaan. Dalam konteks modul keuangan ERP, fitur piutang mengatur dan bahkan mengotomatiskan pembuatan invoice dan pemrosesan pembayaran. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan pengelolaan kas sekaligus meningkatkan produktivitas tim keuangan Anda.

4)  Pengelolaan kas

Manajemen kas dalam modul ERP finance memungkinkan perusahaan untuk mengelola likuiditas dan mengontrol uang tunai Anda dengan jauh lebih baik. Manajemen kas dapat memantau semua arus masuk dan arus keluar kas. Dari sini, manajer keuangan dapat menganalisis kesehatan kas perusahaan, kebutuhan kas, dan eksposur mata uang, guna memastikan likuiditas dan penggunaan sumber daya kas secara optimal.

5)  Perencanaan & analisis keuangan

Sebuah proses dan alat yang dapat membantu perusahaan merencanakan, memperkirakan, dan menganggarkan keuangan secara akurat untuk mendukung keputusan bisnis yang tepat adalah salah satu peran dari kemampuan FP&A (Financial Planning and Analysis). 

6)  Risk management dan compliance

Manajemen risiko membantu perusahaan memantau dan mengontrol akses dan aktivitas semua pengguna dari sistem keuangan. Fitur ini juga dapat memberikan jejak audit untuk transaksi dan membantu meningkatkan kontrol keuangan Anda yang lebih luas sekaligus tetap mematuhi kepatuhan regulasi..

7)  Manajemen perbankan

Melalui integrasi dengan berbagai rekening bank perusahaan, modul ini memungkinkan Anda melihat saldo dan transaksi rekening, mentransfer dana, dan merekonsiliasi transaksi untuk membuat laporan keuangan yang lebih akurat.

8)  Manajemen multi currency

Kemampuan multi currency menghomogenisasi transaksi dalam berbagai mata uang, memberi Anda gambaran umum yang mudah dipahami tentang kinerja perusahaan dalam mata uang pilihan Anda. Sistem seperti itu akan menggunakan nilai tukar terkini untuk menjaga data tetap terkini. Sistem ini juga dapat mengelompokkan kinerja perusahaan Anda berdasarkan negara atau wilayah.

9)  Pengelolaan perpajakan

Mematuhi undang-undang perpajakan sangat penting untuk menghindari denda. Dan tentu saja, kompleksitasnya akan semakin bertambah ketika Anda menjalankan bisnis di berbagai wilayah geografis dunia. Fitur manajemen pajak dalam modul ini dapat membantu Anda mengumpulkan dan melacak informasi pajak untuk audit, pengarsipan, dan pelaporan. 

Manfaat Utama Modul ERP Finance

manfaat modul erp finance

Berikut ini, beberapa manfaat utama modul ERP finance bagi perusahaan atau organisasi. 

Transparansi keuangan yang lebih baik: Manajer keuangan mendapatkan visibilitas ke dalam transaksi keuangan di seluruh perusahaan dan juga bisa melakukan “konsolidasi” dengan angka-angka tersebut yang mana bisa terupdate secara berkala — bahkan hampir secara realtime. Kemampuan analisis dan pelaporan juga memudahkan para manajer keuangan dan non-keuangan untuk mendapatkan gambaran cepat tentang kondisi keuangan perusahaan atau organisasi.

Pengambilan keputusan yang lebih tepat: Transparansi yang tadi itu juga memberi efek pada kualitas pengambilan keputusan. Informasi yang akurat dan real-time serta analisis tingkat lanjut membantu para manajer keuangan atau sejumlah pemangku kepentingan lebih memahami dampak dari pilihan mereka dan apa yang menjadi kepentingan terbaik perusahaan. Dengan data ini, perusahaan juga dapat memperkirakan biaya dan pendapatan untuk menghasilkan anggaran dan rencana yang lebih akurat.

Produktivitas yang lebih baik: Kemampuan untuk mengotomatiskan proses manual yang lambat dan rawan kesalahan, seperti pembuatan invoice, mempercepat seluruh fungsi keuangan, memungkinkan tim finance menutup pembukuan dan menyelesaikan laporan keuangan penting lebih cepat. Hal ini memberi tim finance lebih banyak waktu untuk fokus pada analisis, pemodelan skenario, dan pekerjaan strategic lainnya.

Mengurangi risiko kejahatan finansial: Dengan mengotomatiskan sebagian besar pekerjaan yang berkaitan dengan pengendalian internal, kepatuhan, dan tata kelola, perusahaan Anda dapat mengurangi risiko terjadinya fraud atau embezzlement. 

Sistem ERP Finance Terlalu Penting untuk Ditinggalkan

Sistem ERP finance telah berkembang signifikan selama bertahun-tahun. Meskipun berkembang jauh, namun ada satu hal yang selamanya abadi: agar tetap kompetitif, perusahaan memerlukan modul ERP yang dapat memantau dan mengelola seluruh transaksi keuangan dan melaporkan kinerjanya. Dapatkan lebih banyak insights terkait ini, eksklusif hanya di….. 

transformasi manajemen keuangan perusahaan sekarang

Optimalkan seluruh proses bisnis perusahaan Anda di satu tempat

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi.

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

A. Alfan Alif

Categories: (1)

SAP S/4HANA
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!