IT Support

IT Support: Pengertian, Tugas, dan Bedanya dengan Staff IT

Share on:

Anda pasti sudah familiar dengan istilah IT Support bukan? Jika terdapat kendala dalam penggunaan perangkat komputer, pasti yang terpikir adalah mendapatkan bntuan dari tim support IT. 

Memang benar bahwa pekerjaan tim IT berkutat pada pengetahuan ataupun keterampilan yang ada hubungannya dengan information technology (IT). Mereka harus bisa memecahkan masalah teknis yang terjadi pada hardware, software, jaringan maupun sistem komputer.

Lebih lanjut mengenai IT support seperti apa saja tugasnya dan apa bedanya dengan peran IT Staff, yuk kita bahas di section selanjutnya!

Pengertian IT Support

single image

Secara sederhana, IT Support adalah mereka yang menyediakan dukungan kepada karyawan atau perusahaan terkait isu-isu teknologi. Tujuannya adalah memberikan jawaban kepada user terhadap masalah yang mungkin mereka hadapi. 

Dalam lingkup bisnis, dukungan IT dapat mencakup pengaturan, instalasi, dan konfigurasi peralatan, serta masih banyak lainnya. Sebuah perusahaan dapat mempekerjakan tim IT mereka sendiri. Ada pula yang memilih jasa outsourcing di perusahaan IT terkemuka lainnya.

Berdasarkan data dari Deloitte, bekerja sama dengan jasa outsourcing IT support dapat menghemat biaya mulai dari 40-60% bagi perusahaan. Jika dibandingkan dengan memiliki tim IT sendir. Sehingga biaya yang dihemat ini bisa dialihkan ke kegiatan lainnya yang mendukung pertumbuhan perusahaan. 

Baca Juga: Service Desk: Definisi, Tugas, dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Apa Saja Tugas IT Support?

single image

Tugas IT support dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis bisnis. Di perusahaan kecil, satu orang mungkin bertanggung jawab untuk semua tugas IT. 

Namun, di perusahaan yang lebih besar, bisa jadi ada tim IT dengan anggota yang berspesialisasi dalam area yang berbeda, seperti desktop support, network support, atau security.

Di sini kita bahas tugas umum para IT Support di perusahaan, ya!

Memberikan Support Kepada User

User di sini berarti pengguna teknologi, bisa berupa karyawan, konsumen, ataupun perusahaan secara keseluruhan. Tim IT harus bisa selalu sedia memberikan dukungan kepada user. 

Tugas ini berarti mencakup menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah teknis, serta memberikan panduan bagaimana menggunakan software dan hardware. 

Selain itu, bentuk dukungan ini bisa juga dilakukan dengan membuat manual book atau basis pengetahuan. Berisikan informasi dasar penggunaan produk teknologi dan problem solving umum jika masalah teknis terjadi.

Memelihara Sistem

Tim dukungan IT juga memiliki tugas untuk melakukan monitor dan pemeliharaan jaringan & infrastruktur IT. Mereka memastikan bahwa jaringan komputer terhubung dengan benar. Software dan perangkat keamanan terbaru sudah diinstal dan dicadangkan sistem secara berkala.

IT Support juga memastikan semua sistem operasi sudah melakukan update dan upgrade sistem. Hal ini untuk mencegah adanya kerentanan dan cyber attack. Supaya bisa melakukan perlindungan data dari serangan malware. 

Manajemen Proyek

Selain itu, yang menjadi tugas IT Support selanjutnya adalah melakukan perencanaan dan pelaksanaan proyek IT. Bagaimana mendefinisikan ruang lingkup proyek, membuat anggaran dana dan mengelola sumber daya.

Tim dukungan TI juga harus melakukan pemantauan progress setiap proyek, melakukan identifikasi masalah yang ada, serta mengambil tindakan korektif jika dibutuhkan. 

Karena dunia IT juga tergolong dinamis, maka tim IT juga harus bisa menerapkan solusi IT baru. Seperti menginstal dan mengkonfigurasikan hardware dan software terupdate. Tak lupa juga melakukan pelatihan kepada user tentang cara pengoperasiannya. 

Apa Bedanya IT Support dengan Staff IT?

Sebenarnya penggunaan istilah IT Support ataupun Staff IT sering digunakan bergantian. Tapi sebenarnya keduanya adalah role pekerjaan yang berbeda. Berikut yang membedakannya!

Tugas Utama

Hal yang membedakan IT support dan Staff IT adalah pada fokus tugas utama mereka. Tim dukungan IT lebih fokus ke mengatasi masalah komputer dan memberikan dukungan teknisnya kepada user.

Sementara untuk staff IT harus terlibat juga dalam tugas-tugas seperti pengembangan software, administrasi jaringan, manajemen database dan arsitektur sistem. 

Tugas-tugas staff IT  cenderung lebih kompleks dan luas. Hubungannya lebih banyak kepada teknologinya langsung. Sementara tim support IT banyak berhubungan dengan masalah yang dihadapi user atau penggunanya.

Skill

Sebagai seorang tim support IT, harus memiliki pemahaman yang baik tentang software dan hardware. Bagaimana juga mengkomunikasikan dan mengajarkan hal tersebut kepada user. Maka diperlukan kemampuan bekerja sama dalam tim.

Sementara sebagai staff IT, selain harus menguasai skill sebagai IT support juga harus memiliki skill yang lebih khusus tergantung pada bidang keahlian mereka. 

Lingkungan Kerja

Perbedaan selanjutnya antara IT support dan staff IT adalah pada lingkungan kerjanya. Staff IT cenderung lebih banyak bekerja untuk proyek yang kompleks dan ada kaitannya dengan pengembangan produk teknologi baru. 

Sementara itu, tim dukungan IT lingkungan kerjanya cenderung lebih interaktif. Karena melibatkan komunikasi dengan user, jadi mereka masih menggunakan email atau telepon. Bahkan harus terjun ke lapangan langsung mengatasi masalah teknis.

Penutup

Peran IT support menjadi semakin penting bagi kelancaran operasi bisnis di era digital. Tim dukungan IT dapat membantu perusahaan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan mereka.

Memilih solusi dukungan IT yang tepat dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas pengguna,mengurangi downtime, dan menghemat biaya. Freshservice adalah salah satu solusi dukungan IT populer dan patut dipertimbangkan oleh perusahaan Anda.

Dengan menggunakan Freshservice, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan IT support mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan keuntungan bisnis.

Tingkatkan layanan IT service Anda sekarang dengan uji coba FreshService GRATIS selama 14 hari!

Kelola Permasalahan IT dengan Mudah, dan Pastikan Kinerja Sistem yang Lancar dengan Freshservice

Daftarkan diri Anda sekarang dan raih layanan IT yang optimal untuk pertumbuhan bisnis Anda!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Freshservice
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!