slack adalah

Lark dan Slack Adalah Platform Project Management Terkemuka: Ini Perbandingannya!

Share on:

Di masa kini, platform kolaborasi menjadi suatu kebutuhan penting di lingkungan kerja mengingat kerja jarak jauh serta tim yang tersebar sudah sangat umum. Untuk mempertahankan produktivitas dan komunikasi yang lancar, alat kolaborasi yang efektif sangat diperlukan dengan adanya tim yang bekerja dari lokasi-lokasi berbeda. Slack adalah salah satu opsi yang paling populer dan banyak digunakan di antara semua yang ada, untuk membantu tim berkolaborasi lebih efisien. Selain itu, Lark merupakan pilihan menarik lainnya dengan fitur-fiturnya yang didesain untuk meningkatkan produktivitas tim. 

Dalam artikel blog ini, kami akan membandingkan Lark dan Slack untuk melihat perbedaan utama antara kedua produk tersebut. Kami juga akan mengevaluasi nilai yang mereka tawarkan kepada bisnis agar Anda dapat menentukan platform mana yang paling cocok untuk kebutuhan kolaborasi tim Anda.

Pilihan Paket Harga: Lebih Hemat dengan Lark

Pilihan Paket Harga_ Lebih Hemat dengan Lark

Lark dan Slack adalah Walaupun Lark dan Slack menawarkan fitur yang serupa, namun biaya sebenarnya yang harus Anda bayar untuk menggunakan Slack dalam tim Anda jauh lebih tinggi daripada yang tertera di halaman harga.

Untuk memulai, Lark menyediakan paket gratis yang memiliki banyak fitur yang biasanya hanya tersedia di paket berbayar Slack atau melalui integrasi. Jika Anda seorang solopreneur atau pengusaha dengan tim kecil, manfaat yang bisa didapatkan bisnis Anda dari paket gratis jauh lebih besar – tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan harian tim Anda.

Seiring pertumbuhan tim Anda dan mulai mempertimbangkan untuk meningkatkan ke paket berbayar, perbedaan harga dan nilai semakin besar:Seiring pertumbuhan tim Anda dan mulai mempertimbangkan untuk meningkatkan ke paket berbayar, perbedaan harga dan nilai semakin besar:

Bisnis Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai macam alat guna memenuhi kebutuhan yang berkembang dan dapat menyederhanakan manajemen IT dengan hanya menggunakan satu paket pembayaran di Lark. Di lain pihak, mungkin Anda masih perlu berlangganan beberapa alat lain seperti Zoom, Google Workspace, dll jika memilih paket berbayar Slack. Untuk memenuhi kebutuhan tim Anda, akan ada penambahan biaya pembelian serta manajemen dari sini.

Sebagai contoh, perusahaan dengan 100 karyawan yang mayoritas bekerja di meja dapat menghemat hingga 271% jika mereka memilih paket pro Lark daripada kombinasi Slack + Google Workspace + Airtable untuk memenuhi kebutuhan dasar tim.

Baca JugaLark vs Google Workspace: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda di 2024?

Slack Untuk Chatting, Sedangkan Lark? Lebih dari Itu!

Slack Untuk Chatting, Sedangkan Lark_ Lebih dari Itu!

Lark dan Slack memiliki posisi yang berbeda sebagai produk: Slack memiliki tujuan utama sebagai platform obrolan, sedangkan Lark berfokus pada menyediakan berbagai alat penting yang diperlukan oleh tim dalam satu aplikasi, termasuk fitur obrolan.

Ini penjelasannya

Slack adalah platform yang diciptakan agar berpusat pada percakapan dan memiliki tujuan untuk menghubungkan orang-orang melalui pesan pribadi, obrolan grup (saluran), dan terkadang Slack Bot.

Dengan menggunakan Slack dengan benar, bisnis dapat mengatur percakapan yang berbeda dan berkomunikasi secara efisien melalui teks. Namun, untuk fungsi lain di luar pesan, diperlukan integrasi agar dapat bekerja bersama dengan Slack. Hal ini mungkin membutuhkan biaya tambahan bagi perusahaan dalam ang Sebagai contoh, agar dapat menjadwalkan dan mengadakan pertemuan di Slack, perusahaan harus memasang aplikasi kalender dan menggunakan solusi konferensi video seperti Zoom.

Bagaimana dengan Lark?

Lark berkolaborasi untuk menciptakan satu aplikasi yang dapat mengakses semua alat kerja sehari-hari, sehingga tim bisa lebih efektif dengan tidak perlu berganti-ganti aplikasi serta melakukan kolaborasi secara fleksibel dan efisien.

Karena itulah, Lark mengembangkan platform yang memungkinkan pelanggan dapat dengan cepat mengakses dan menggunakan fitur-fitur seperti meeting, kalender, dokumen, tugas, aplikasi tanpa kode, serta email. Platform ini juga memiliki fungsi obrolan yang terintegrasi dengan baik ke dalam fitur lainnya sehingga Anda tidak perlu mengintegrasikan apapun agar dapat mengubah pesan menjadi tugas dalam daftar tugas Anda, atau menjadwalkan pertemuan secara langsung dari obrolan grup, atau menyetujui permintaan cuti dengan hanya mengklik tombol pada kartu pemberitahuan yang dikirimkan kepada Anda.

Baca JugaLark vs. ClickUp: Manakah Project Management Tools Terbaik di 2024?

Lark Lebih Menonjol Sebagai Aplikasi “Frontline-Friendly

Lark Lebih Menonjol Sebagai Aplikasi “Frontline-Friendly”

Membantu melibatkan mereka yang berada di bagian frontline dan meningkatkan komunikasi secara efisien, platform kolaborasi yang mudah digunakan pada layar besar maupun kecil sangat penting bagi bisnis dengan frontline dan back office. Tim di lokasi biasanya harus bergantung pada ponsel untuk mengirim laporan, mengajukan masalah, atau memeriksa data.

Lark membawa keunggulan dengan menekankan pada fungsi seluler, yang memudahkan tim garis depan untuk tetap terhubung saat bepergian dan sangat cocok digunakan dalam bisnis dengan tenaga kerja lokasi-lokasi seperti toko ritel, konstruksi, atau gudang. Tidak seperti Slack yang dirancang utamanya untuk penggunaan desktop, Lark menyediakan aplikasi seluler di mana tugas seperti mengirim laporan, memberikan persetujuan, dan berkolaborasi dalam dokumen dapat dilakukan dengan mudah. Antarmuka juga secara otomatis menyesuaikan diri dengan layar yang lebih kecil.

Lantas, Bagaimana dengan Slack?

Di Slack, berbagi laporan dan pembaruan masih dilakukan melalui channel yang terpisah untuk tujuan yang berbeda, menggunakan format pesan teks. Hal ini menyulitkan proses mencerna, mengatur, dan menganalisis informasi. Agar bisa membuat formulir pengumpulan informasi, perusahaan mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan pembuat alur kerja Slack. Pemisahan yang mendasar antara Slack dan alat-alat yang dapat diintegrasikan melalui konektor membuat pengalaman mobile Slack menjadi lebih rumit. Anda mungkin perlu beralih ke platform lain seperti Google Workspace agar bisa dengan mudah membaca dokumen kata yang dibagikan seseorang tanpa harus terus-menerus memperbesar atau memperkecil.

User Interface: Lark untuk onboarding di hari yang sama

User Interface Lark untuk onboarding di hari yang sama

Peran penting dalam kemudahan onboarding tim Anda ke platform kolaborasi dapat dimainkan oleh user interface. Apabila tim tidak dapat dengan mudah menjelajahi platform tersebut, ada kemungkinan perusahaan akan menyadari bahwa penggunaannya rendah dan manfaat yang didapat juga minim, meskipun telah mengeluarkan biaya yang besar (pengalaman kami sendiri menunjukkan hal ini).

Walaupun semua fitur telah dikemas dalam satu aplikasi, Lark tetap mempertahankan antarmuka yang teratur yang memungkinkan tim untuk dengan segera mengakses dan melihat segala hal secara bersamaan (dan dapat ditutup jika diinginkan). Satu hari yang cukup untuk pengguna baru agar dapat mengetahui di mana segala sesuatunya terletak di dalam Lark dan mulai menggunakannya, karena semua informasi telah terdaftar dengan rapi sehingga mudah diklik.

Tentunya, kurva pembelajaran yang landai ini cocok bagi tim non-teknis yang ingin menggunakan tools untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka tanpa harus terjebak dalam terminologi teknis yang sulit dipahami.

Walaupun Slack tampak memiliki antarmuka yang lebih bersih pada pandangan pertama, sejatinya terdapat fungsi-fungsi tersembunyi di bawah menu “More” dan fitur meeting diberi label sebagai Huddle di pojok. Untuk pengguna baru Slack, mungkin mereka akan membutuhkan lebih banyak klik untuk menemukan fitur yang diinginkan dan harus menunggu lebih lama untuk menggunakan fungsi lain seperti dokumen cloud, kalender, alur kerja, dan sebagainya. untuk melakukan integrasi, tim teknis akan dibutuhkan untuk melibatkan backend. Tidak diragukan lagi, Slack masih menjadi pilihan utama tim teknis dengan fitur perintah “/”, dan juga kemungkinan lain untuk membagikan pengetahuan teknis secara langsung melalui penggunaan Slack.

Baca JugaLark vs. Trello: Mana Software Project Management Terbaik untuk Bisnis Anda di Tahun 2024?

Dalam Hal Produktivitas, Lark Lebih Unggul untuk Tim yang Tersebar

Walaupun emoji dan meme di Slack sangat menyenangkan, salah satu potensi kelemahannya adalah gangguan yang bisa timbul bagi beberapa tim. Membuat saluran di Slack biasanya membutuhkan beberapa langkah lebih banyak daripada membuat grup di Lark: Sebelumnya, Anda harus membuat saluran terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat menambahkan rekan tim secara individual ke dalam saluran atau mengatur aturan untuk bergabung. Selanjutnya, mulailah mengirim pesan sebagai grup. Kadang-kadang, saluran mungkin dibuat secara sembarangan untuk keperluan non-produktif.

Dalam grup obrolan Lark, tujuan kami adalah untuk meningkatkan fokus dan produktivitas dalam diskusi. Sebagai contoh, obrolan grup dapat dengan mudah dibuat dari obrolan perorangan dengan menambahkan lebih banyak orang. Anda juga memiliki pilihan untuk memilih riwayat obrolan individu dan menyinkronkannya dengan grup secara bersamaan.

Di samping itu, hacks produktivitas juga dapat meningkatkan kemampuan tim untuk bekerja sama secara efisien dengan mempercepat alur kerja atau otomatisasi tugas yang berulang. Keduanya Lark maupun Slack dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang dapat meningkatkan produktivitas tim dan menghemat waktu saat bekerja bersama. Namun, platform all-in-one Lark memiliki keunggulan lebih dalam hal penghematan waktu dan biaya karena menyediakan segala kebutuhan dalam satu tempat, serta

Beberapa hacks produktivitas bawaan Lark:

  • Auto-translation: untuk memfasilitasi kolaborasi di seluruh tim yang mungkin menggunakan bahasa yang berbeda dalam obrolan, dokumen, dan rapat (transkrip real-time serta terjemahan pada notulen).
  • Meeting Minutes: Melakukan transkrip dan terjemahan secara waktu nyata selama rapat, sambil juga memungkinkan untuk membuat notulen otomatis dari transcript rapat, rekaman serta dokumen yang dibagikan pada saat tersebut agar dapat disebarluaskan.
  • Smart Calendar: Agar rapat dapat dijadwalkan dengan cepat, kita perlu memeriksa ketersediaan semua orang dan juga melihat zona waktu mereka. Ini bisa dilakukan langsung dari obrolan grup.
  • Task Management: Anda bisa memberikan tugas langsung melalui pesan teks dan mengorganisir nya menjadi berbagai bagian.

Hacks produktivitas bawaan Slack, yang juga tersedia di Lark tanpa biaya tambahan:

  • Reminders: Sesuaikan pengingat supaya tidak ada yang terlewat.
  • Scheduled Messages: Anda dapat merencanakan pesan untuk dikirim di hari dan waktu yang telah ditentukan.
  • Customizable Chat Grouping & Notifications: Anda dapat mengatur percakapan ke dalam grup dan memilih notifikasi yang ingin Anda terima.
  • Workflow Builder (fitur berbayar di Slack): Anda dapat mengotomatisasi tugas berulang dengan menggunakan template yang telah Anda buat sebelumnya.

Standar Keamanan yang Mumpuni di Kedua Platform Ini

Setiap bisnis ingin beroperasi dengan aman dan terlindungi dari kebocoran data, hal ini juga penting untuk produk yang digunakan dalam kolaborasi mereka. Sama sekali baik Lark maupun Slack memenuhi peraturan GDPR dan CCPA untuk pelanggan, sekaligus mendapatkan sertifikasi kepatuhan demi melindungi layanan cloud dan privasi informasi.

Lark telah memperoleh berbagai sertifikasi di bidang keamanan informasi, manajemen informasi privasi, keamanan cloud, dan keamanan lintas batas serta mengikuti standar SOC 2 & SOC 3. Data Lark disimpan di platform hosting yang terletak di Amazon Web Services (AWS). Anda dapat menemukan informasi lebih rinci mengenai keamanan data dan kepatuhan Lark di Pusat Kepercayaan Lark.

sertifikat keamanan lark

Slack juga telah memperoleh serangkaian sertifikasi serupa:

sertifikat slack

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Lark mampu menggantikan sebagian besar fungsi Slack dan integrasi yang disediakannya; Lark dapat digunakan oleh perusahaan dari berbagai industri dengan alat kerja sehari-hari dalam satu aplikasi dengan harga yang jauh lebih rendah, waktu onboarding yang lebih singkat, dan antarmuka yang lebih ramah di layar besar dan kecil.

Selain itu, Lark juga menyediakan serangkaian fungsi seperti auto-translation, kalender khusus zona waktu, dan lainnya untuk memfasilitasi kolaborasi di seluruh dunia, menjadikannya platform yang lebih baik untuk tim yang tersebar. Cobalah Lark Suite sekarang dan rasakan perbedaannya!

Coba Lark Sekarang: Optimalkan Kolaborasi Tim Anda!

Tingkatkan produktivitas tim Anda dengan Lark sekarang! Dapatkan kolaborasi yang lebih efisien, proyek yang sukses, dan pengalaman kerja yang lebih baik. Coba Lark sekarang dan optimalkan cara tim Anda bekerja!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Lark Suite
To the top