transformasi finansial

Sejumlah Perusahaan Ini Sedang Melakukan Transformasi Finansial bersama SAP. Anda Kapan?

Share on:

19 Juli 2024, 21 tamu undangan dari sejumlah perusahaan di Indonesia menyempatkan waktunya untuk hadir di dalam acara Transforming Finance, Grow with SAP. Acara dengan topik utama transformasi finansial ini, diinisiasi oleh Weefer dan SAP Indonesia dengan tujuan untuk membantu semua perusahaan skala midsize ke atas dalam upaya mereka untuk memodernisasi atau melakukan transformasi terhadap proses finansial perusahaan. Bukan tanpa alasan, sebuah riset dari Oxford Economics menjadi salah satu latar belakang mengapa acara ini digelar.

59,7% eksekutif keuangan mengaku kalau sistem atau perangkat lunak finance perusahaan mereka menghambat proses pertumbuhan secara keseluruhan. Jelas hal ini merupakan sebuah bentuk kerugian besar bagi perusahaan midsize manapun. Untuk informasi, responden dari survei ini berasal dari sejumlah negara, termasuk Indonesia. Jadi, sedikit banyak informasi ini dapat menggambarkan kondisi finance di perusahaan Indonesia. 

Tidak hanya itu, Aberdeen dalam laporannya Unlocking Financial Excellence juga secara tidak langsung mempertegas pernyataan sebelumnya. Begini, apa yang membedakan perusahaan terbaik di kelasnya dengan para pesaingnya. 91% adalah karena laporan finansialnya selesai tepat waktu dan 90% diantaranya memiliki akurasi ketepatan laporan finansial 100%. Dari beberapa fakta ini, maka bisa disimpulkan kalau proses atau operasional finansial itu penting. Lantas, apa yang bisa dilakukan? Di sinilah, peran cloud ERP yang memiliki modul finansial menunjukkan fungsi terbaiknya. Baik, mari kita simak beberapa insights penting terkait hal ini.

James Wong, “Cloud ERP Dapat Menyederhanakan Berbagai Proses Bisnis, Termasuk Transformasi Finansial”

James Wong, kepala SAP S/4HANA Cloud wilayah APJ dan SEA, menjelaskan ke audiens terkait bagaimana Cloud ERP dapat mengefisiensikan mayoritas proses bisnis perusahaan. Untuk informasi, ke depannya, kemungkinan besar semuanya akan serba running di cloud, termasuk juga dengan next-gen ERP seperti S/4HANA Cloud Public Edition ini.

James Wong (speaker) menjelaskan tentang Business Technology Platform dan Cloud ERP

Untuk itu, Anda harus bersiap dalam menerima transformasi tersebut. James Wong, juga sempat menyinggung terkait Business Technology Platform. Jika, hal ini “digabungkan” dengan solusi ERP, maka hasilnya akan semakin maksimal. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari BTP dan Cloud ERP ini adalah:

  • Simplify proses integrasi data di seluruh bagian IT 
  • Manajemen data semakin meaningful karena menggunakan solusi data warehousing yang komprehensif
  • Dapatkan kemampuan otomatisasi workflow dengan SAP S/4HANA Cloud
  • Percepat proses development dengan prebuilt skenario konten untuk industri yang spesifik. 
  • Dapatkan pemantauan secara 360 derajat guna meningkatkan kualitas pengambilan keputusan berdasarkan data. 

Hitendra Changlani, “SAP S/4HANA Public Cloud sebagai Kereta Penghubung Seluruh Operasi Bisnis”

Hitendra Changlani, kepala Digital Solution Advisory SAP wilayah APJ, menjelaskan tentang SAP S/4HANA Cloud Public edition. Dia menggambarkan S/4HANA sebagai kereta bawah tanah yang menghubungkan berbagai modul Cloud ERP. Kalau dalam konteks finance, maka sejumlah kapabilitas yang mendukung transformasi finansial lah yang Anda dapatkan, seperti: master data dari seluruh keuangan, manajemen invoice, manajemen cash flow, forecasting keuangan dan lainnya.

Hitendra Changlani (speaker) menjelaskan tentang SAP S/4Hana Public sebagai “Kereta Penghubung Bisnis”

Lantas, apa gunanya untuk kita? Begini….

SAP S/4HANA Cloud Public menyediakan dan memprioritaskan standardisasi. Ini berarti, pelanggan yang sedang membutuhkan adopsi inovasi baru, meluncurkan bisnis baru, akuisisi baru, atau ekspansi bisnis baru, semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan tetap terstandarisasi. Kuncinya ada di kemampuan integrasi ekstensif yang memungkinkan konektivitas tanpa batas antara “jaringan kereta penghubung” tadi. Bahkan, jika Anda memiliki API khusus sendiri, Anda bisa mengimplementasikannya juga. 

Wai Cheong Kon, “Pertanyaan Wajib Sebelum Menggunakan Cloud ERP untuk Transformasi Finansial”

Wai Cheong Kon, SAP Presales Partners Advisor Lead wilayah SEA, memberi penjelasan mengapa Anda harus mulai peduli dengan solusi ERP. Dulu, seorang finance itu yah hanya handles urusan keuangan. Namun, sekarang, seiring berjalannya waktu, ada hal yang berubah.

Wai Cheong Kon (speaker) menjelaskan tentang pentingnya data keuangan lengkap yang terpusat

49% profesional finance sekarang harus paham volatility management. Apa risiko dari keputusan finansial ini? Dari semua solusi mana solusi keuangan yang terbaik? Ini pasti ada risiko keuangannya, gimana caranya meminimalisir ini? Diversifikasi apa yang seharusnya kita ambil sekarang? Semua contoh pertanyaan tersebut harus dapat dijawab oleh Anda, para profesional finance.

Kemudian, dia menjelaskan tentang sejumlah pertanyaan yang harus dijawab para pemangku kepentingan atau eksekutif keuangan sebelum menggunakan Cloud ERP Finance. 

  • Akankah solusi ERP ini memberi kita satu sumber data keuangan terpusat yang akuntabilitasnya bisa dibuktikan?
  • Apakah solusi ini membantu kita mengakses analisis keuangan secara  realtime?
  • Bisakah perusahaan mengelola cash flow secara efektif dengan solusi ini?
  • Apakah solusi ERP ini memiliki template proses finansial yang siap pakai?
  • Apakah sudah menerapkan kualitas yang terstandarisasi?
  • Apakah bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan kita?
  • Bisakah ini membantu kita growth atau memasuki market baru?
  • Bagaimana kualitas FP&A (financial planning and analysis) nya?
  • Apakah future proof untuk kebutuhan di masa depan?

Robert Liandro, “10 Manfaat Cloud ERP yang Bisa Mendukung Transformasi Finansial Anda”

Robert Liandro, CEO dari PT Weefer Indonesia, menjelaskan ke audiens terkait sejumlah manfaat dari sistem Cloud ERP. Apa saja manfaatnya:

Robert Liandro (speaker) menjelaskan tentang manfaat cloud ERP

1)  Continuous innovation

Banyak perusahaan atau organisasi yang beralih ke sistem cloud ERP guna meningkatkan efisiensi operasional, sekaligus melakukan transformasi proses bisnis mereka karena sudah ketinggalan zaman. 

Sistem ini dapat meningkatkan dan mempercepat, tidak hanya pada urusan operasional finansial saja, namun juga untuk operasional lain di seluruh perusahaan, seperti supply chain, manufacturing, procurement dan lainnya. 

2)  Harga yang Lebih Murah

Dengan layanan berbasis langganan dan juga cloud, maka tidak akan ada biaya pembelian dimuka untuk kebutuhan perangkat hardware atau perangkat software-nya. Semua biaya maintenance atau pemeliharaan tidak akan dikenakan ke Anda. Anda hanya tinggal pakai saja. Kelas ini merupakan penghematan biaya yang cukup signifikan. 

3)  Serba Simpel dan Bisa Diotomatisasikan

Dengan cloud ERP, perusahaan dapat menstandarisasi dan mengintegrasikan semua aplikasi yang sudah ada dan yang baru. Sistem ini juga dapat menyederhanakan alur kerja, mengotomatiskan sejumlah proses operasional bisnis dengan baik, dan pada akhirnya menghasilkan tingkat efisiensi optimal di seluruh lini bisnis.

4)  Fungsionalitas yang Terus Diperbarui

Vendor Cloud ERP pasti akan memberikan peningkatan fungsionalitas kepada semua perusahaan yang menggunakan sistem mereka melalui upgrade yang berkelanjuta. Karena sejumlah pembaruan sistem dikirimkan ke semua orang secara OTA, Anda tidak akan pernah kelewatan fitur barunya. 

Selain itu, jika Anda ingin melakukan beberapa penyesuaian, Anda dapat meminta vendor ERP untuk melakukan penyesuaian tersebut khusus untuk Anda. Hasilnya, laju inovasi dan pertumbuhan perusahaan akan jauh lebih cepat.

5)  Analisis dan Laporan Real-time

Sistem cloud ERP modern telah dirancang untuk mengelola Big Data perusahaan sehingga Anda dapat mengakses informasi yang tersembunyi dalam kumpulan data besar dan kompleks tersebut. Meskipun sistem ERP “lama” pada umumnya juga menyediakan fitur reporting, namun mereka tidak menawarkan kemampuan analisis secara real-time. Di sisi lain, sistem cloud ERP mempunyai kemampuan analisis real-time tersebut. 

Kemampuan untuk melihat tren pasar, memprediksi risiko, dan berbagai kemampuan cerdas lainnya adalah ciri khas dari sistem ERP modern yang mana pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. 

6)  Akses Sistem ERP Melalui Smartphone

Alur kerja saat ini mengharuskan Anda untuk memberikan akses informasi kepada karyawan, subkontraktor, vendor, dan pelanggan di mana saja dan kapan saja. Untuk memudahkan hal ini, perusahaan memerlukan akses ERP melalui device yang masing-masing mereka gunakan. Jelas antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dari aplikasi ERP mobile ini harus didesain seresponsif mungkin. 

7)  Teknologi Cerdas

Sejumlah teknologi cerdas sedang diterapkan ke dalam solusi SaaS ERP modern guna meningkatkan produktivitas dan ketepatan. Teknologi-teknologi ini mencakup kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, otomatisasi proses robotik (RPA), dan Internet of Things (IoT) – yang memungkinkan perangkat seperti mesin atau sensor mengirimkan data kembali ke aplikasi melalui cloud secara real-time. 

8)  Keamanan Data Berstandar Tinggi

Dengan sistem cloud, keamanan ERP, proses pencadangan data, dan proses pemulihan akibat bencana pasti ditangani oleh pakar keamanan siber profesional. Keamanan data ini benar-benar harus Anda perhatikan. Pastikan vendor cloud yang Anda pilih memiliki sertifikasi keamanan berstandar tinggi terkait keamanan data. 

9)  Implementasi yang Lebih Cepat

Pengimplemenasian sistem ERP cloud jauh lebih cepat dibandingkan harus mengimplementasi secara on-premise. Mungkin yang memerlukan waktu sedikit agak lama adalah proses mengumpulkan datanya, proses integrasi, dan proses pelatihan untuk penggunanya. 

10)  Skalabilitas

Masih ingat dengan surveinya Oxford Economics sebelumnya? Salah satu masalah yang dikeluhkan eksekutif keuangan adalah masalah growth yang tidak diiringi dengan kemampuan software finance yang mumpuni. Dengan sistem Cloud hal ini jelas bisa diantisipasi karena sistem ini memiliki kemampuan skalabilitas yang baik. 

Segera Bertransformasi Finansial Sekarang Juga!

transforming finance, grow with SAP

Baik, sebelumnya kami ucapkan terima kasih kembali ke seluruh speakers dan audiens yang telah menyempatkan hadir di dalam event sharing ini. Tak lupa, ucapan terima kasih juga ke Hilman Hillius, Business Development Manager dari Weefer, yang telah bertanggung jawab atas kelancaran rangkaian acara ini. 

Pada akhirnya, semua kembali ke keputusan Anda, para pemangku kepentingan dan eksekutif keuangan perusahaan. Siklus akuntansi perusahaan itu merupakan proses yang cukup panjang. Jelas, tim finance Anda sebenarnya mendambahkan sebuah tool yang bisa mempercepat kerja mereka. Ingat, menurut riset Aberdeen, salah satu pembeda antara perusahaan yang high-performance dan tidak itu adalah seberapa cepat dan tepat mereka menyelesaikan laporan keuangannya. Sampai sini dulu dan semoga kita bisa bertemu di event Weefer selanjutnya, terima kasih.

Optimalkan seluruh proses bisnis perusahaan Anda di satu tempat.

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi.

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

A. Alfan Alif

Categories: (1)

SAP S/4HANA
To the top