CDP Adalah

CDP Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

Share on:

Pernahkah Anda merasa bingung dengan bagaimana cara terbaik untuk menyapa pelanggan atau membuat penawaran yang tepat? Salah satu jawaban terbaik adalah kenali pelanggan. Memang, ada banyak cara untuk Anda bisa mengetahui siapa pelanggan tersebut dan yang paling mudah, yaitu dengan memanfaatkan CDP. Apa itu CDP? CDP adalah singkatan dari Customer Data Platform yang sederhananya bertugas sebagai buku catatan digital untuk mengumpulkan semua informasi tentang pelanggan dari berbagai tempat, seperti media sosial, email, atau website ke dalam satu tempat.

Data dalam CDP berisi semua data dari interaksi pelanggan dengan produk atau layanan Anda. Jadi, dengan informasi ini nantinya Anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan penjualan dan membuat pelanggan merasa nyaman. 

Lantas, apa saja manfaat yang ditawarkan oleh CDP, cara kerja, hingga jenis-jenisnya? Temukan jawaban dan pelajari lebih lanjut tentang CDP di artikel berikut ini!

Pengertian CDP (Customer Data Platform)

Pengertian CDP (Customer Data Platform)

Customer Data Platform (CDP) adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan dari berbagai saluran ke dalam satu database terpusat. Adapun arti lain, CDP adalah sebuah sistem yang dikelola oleh pemasar atau marketer yang berguna untuk membangun dan menyatukan data pelanggan ke dalam satu basis data yang persisten atau permanen. 

Basis data ini bisa diakses oleh sistem lain untuk berbagai keperluan, seperti analisis data, personalisasi, atau menjalankan kampanye pemasaran.

CDP mengintegrasikan informasi dari beberapa sumber, mulai dari media sosial, email, situs web, dan interaksi layanan pelanggan untuk membangun profil pelanggan yang lengkap. Dengan data yang terpusat, suatu bisnis bisa melakukan segmentasi pelanggan yang lebih tepat dan membuat kampanye pemasaran yang lebih personal. 

Selain itu, CDP memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman yang konsisten di berbagai saluran komunikasi dan melakukan analisis untuk memahami tren serta mengukur keberhasilan strategi pemasaran. Dengan begitu, CDP bisa membantu bisnis dalam memahami pelanggan yang lebih baik dan membuat keputusan yang lebih bijak dalam merancang strategi pemasaran.

Cara Kerja CDP

CDP atau Customer Data Platform terhubung dengan berbagai platform teknologi, sumber data, dan saluran komunikasi melalui berbagai metode teknis, mulai dari konektor bawaan, SDK (Software Development Kit), webhook, dan API (Application Programming Interface). 

CDP sendiri mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti data profil dan data interaksi real time (data perilaku dan data transaksional), data produk , data kampanye, data dukungan pelanggan, data seluler, POS (Point of Sale), pemasaran, perangkat yang digunakan, dan IoT (Internet of Things).

Selanjutnya, CDP mengumpulkan data itu untuk membuat satu profil pelanggan yang lengkap dan terpadu. Proses ini biasa disebut sebagai penyatuan data atau resolusi identitas. Resolusi identitas sendiri terdiri dari algoritma canggih untuk menggabungkan berbagai data, seperti alamat email, nomor telepon, atau ID pengguna yang mungkin ada di beberapa sistem berbeda.

Selama proses penyatuan, data akan divalidasi, dibersihkan, dan salinannya dihilangkan untuk membuat satu tampilan pelanggan. Profil kemudian diperkuat dengan sumber data dari pihak pertama, kedua, dan ketiga untuk mengisi bagian yang hilang dan memperbarui bagian lainnya dengan data yang lebih baru. 

Adapun CDP yang lebih canggih tidak hanya menyatukan data pelanggan, tetapi juga mempunyai kemampuan analisis yang kuat. Beberapa CDP juga sudah menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) untuk melakukan analisis prediktif dan segmentasi audiens. CDP sendiri menganalisis data pelanggan untuk bisa mengidentifikasi pola atau tren serta memprediksi perilaku atau kebutuhan mereka di masa depan. 

Baca Juga7 Cara Jitu Meningkatkan Customer Satisfaction 2024

Jenis-jenis CDP

Jenis Jenis CDP

Menurut informasi yang disajikan oleh CDP Institute, adapun berikut adalah jenis-jenis CDP berdasarkan fungsinya, antara lain: 

CDP Data

Jenis CDP ini fokus pada pengumpulan dan pengelolaan data pelanggan dari berbagai sumber. Fungsi utamanya adalah untuk mengintegrasikan data dari berbagai channel atau saluran, seperti situs web, sistem, dan aplikasi CRM ke dalam satu database terpusat yang terstruktur. 

CDP Data ini sangat penting bagi perusahaan yang membutuhkan data terorganisir dan konsisten sebagai dasar untuk analisis lebih lanjut. Namun, CDP Data biasanya tidak dilengkapi dengan fitur untuk analisis lanjutan atau eksekusi kampanye pemasaran, sehingga sering digunakan sebagai fondasi yang mendukung sistem lain dalam organisasi.

CDP Analytic

Ada juga CDP Analytic yang dilengkapi dengan kemampuan analisis canggih sehingga memungkinkan bisnis untuk menggali informasi dari data pelanggan, membantu dalam segmentasi pelanggan atau buyer persona, analisis perilaku, dan penilaian prediktif. 

Dengan CDP Analytic, perusahaan bisa memahami lebih dalam tentang tren pelanggan dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data tersebut. Meskipun menawarkan analisis mendalam, CDP Analytic mungkin tidak mempunyai kemampuan untuk menjalankan kampanye pemasaran secara langsung, sehingga biasanya digunakan bersamaan dengan alat lain yang fokus pada eksekusi kampanye.

CDP Campaign

CDP Campaign adalah jenis CDP yang dirancang khusus untuk mendukung pelaksanaan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi. Selain mengumpulkan dan menganalisis data, CDP Campaign memungkinkan bisnis untuk menargetkan pelanggan dengan konten yang relevan melalui berbagai saluran, seperti email, SMS, atau media sosial. 

Jenis CDP ini sangat cocok bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka dengan memanfaatkan data pelanggan secara langsung, memberikan pesan kepada audiens dan pada waktu yang tepat. 

CDP Delivery

Terakhir, ada jenis CDP Delivery yang mengelola, menganalisis, dan juga mengirimkan konten secara real-time kepada pelanggan. CDP ini berfokus pada personalisasi dan interaksi langsung dengan pelanggan, sehingga memungkinkan perusahaan bisa memberikan pengalaman yang sangat relevan dan responsif. 

Keberadaan CDP Delivery sangat penting karena bertugas mengirimkan pesan yang cepat dan tepat, misalnya dalam strategi marketing automation atau penawaran real-time

Baca Juga20 Tips Customer Service untuk Layanan Pelanggan Lebih Hebat di 2024

Manfaat CDP

CDP adalah salah satu teknologi yang sangat memudahkan para penggunanya, terutama bagi pemilik bisnis. Adapun beberapa manfaat yang ditawarkan dari penggunaan CDP berikut ini, antara lain:

Manajemen Data Pelanggan Lebih Mudah

Ketika pelanggan berinteraksi dengan berbagai saluran dan aplikasi, mereka akan meninggalkan jejak data yang tersebar di banyak tempat. Bahkan pada tahun 2022, organisasi di seluruh dunia menggunakan rata-rata 130 aplikasi perangkat lunak yang berbeda. Dengan banyaknya aplikasi ini, ada risiko besar bahwa data pelanggan bisa saja hilang di antara berbagai sistem. 

Maka dari itu, kehadiran CDP bisa mempermudah pengelolaan data pelanggan dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber ke dalam satu platform. Ini menyederhanakan proses karena semua data, seperti riwayat pembelian, interaksi, dan preferensi pelanggan, dikelola dalam satu tempat. 

Dengan data yang terpusat, perusahaan bisa dengan mudah mengakses, memperbarui, dan menganalisis informasi pelanggan tanpa harus mengelola berbagai sistem atau basis data yang terpisah.

Membantu Personalisasi Pelanggan

CDP memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang sangat dipersonalisasi. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data tentang kebiasaan, minat, dan perilaku pelanggan, CDP bisa membantu perusahaan dalam mengirimkan penawaran, rekomendasi, dan konten yang relevan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. 

Ini pastinya bisa membuat komunikasi dengan pelanggan lebih tepat sasaran dan meningkatkan kemungkinan keterlibatan serta kepuasan pelanggan. Bahkan, menurut penelitian, ada sekitar 77% konsumen cenderung memilih brand yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi

Pengalaman ini membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan dipahami sehingga loyalitas pelanggan juga akan semakin meningkat, dan pada akhirnya pendapatan perusahaan juga semakin besar. 

Privasi dan Perlindungan Data

CDP mendukung perusahaan dalam mematuhi regulasi privasi data dan melindungi informasi pelanggan. Platform ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang dirancang untuk memastikan bahwa data pelanggan dikelola dengan aman, termasuk enkripsi dan kontrol akses. 

Dengan demikian, CDP membantu perusahaan dalam memenuhi persyaratan hukum, seperti GDPR (General Data Protection Regulation) dan CCPA (California Consumer Privacy Act) serta menjaga kepercayaan pelanggan dengan memastikan bahwa data mereka dilindungi dengan baik.

Pemasaran Lebih Tepat Sasaran

CDP bisa memudahkan suatu perusahaan dalam menjalankan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan terarah. Dengan memanfaatkan data pelanggan yang teratur dan lengkap, perusahaan bisa merancang kampanye yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan serta minat pelanggan. 

Hal ini pastinya akan meningkatkan efektivitas pemasaran karena pesan yang disampaikan lebih sesuai dengan preferensi pelanggan, sehingga meningkatkan peluang konversi dan hasil kampanye yang lebih baik.

Kesimpulan

Customer Data Platform atau CDP adalah teknologi yang berguna untuk menyederhanakan manajemen data pelanggan, memungkinkan personalisasi yang lebih baik, melindungi privasi data, dan meningkatkan efektivitas pemasaran. Dengan semua informasi pelanggan yang terintegrasi dalam satu platform, perusahaan bisa memberikan pengalaman yang lebih relevan dan menjalankan kampanye pemasaran yang lebih efektif.

Ingin melihat bagaimana Freshworks Customer Suite dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda? Jadwalkan Demo Gratis Sekarang dan temukan bagaimana integrasi CDP kami dapat memberikan profil pelanggan 360 derajat yang komprehensif. Dengan Freshworks, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas berdasarkan data yang akurat.

Perkuat Hubungan Pelanggan Anda dengan Freshsworks Customer Service Suite!

Segera tingkatkan pengalaman pelanggan Anda dengan Freshworks Customer Service Suite. Dapatkan uji coba gratis sekarang!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Customer Service Suite
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!