Content Delivery Network

Content Delivery Network: Definisi, Cara Kerja, Fungsi, dan Tips Memilih

Share on:

Ketika sedang berselancar di dunia internet, baik menggunakan smartphone atau komputer, mungkin Anda pernah bertemu dengan performa situs web yang cepat dan lambat. Memangnya, kenapa situs web bisa berjalan lancar, sedangkan yang lainnya lambat atau bahkan mengalami gangguan? Salah satu jawabannya terletak pada Content Delivery Network atau CDN.

Arti CDN adalah teknologi yang bisa membantu mempercepat pengiriman konten digital ke berbagai penjuru dunia. Ini juga akan memudahkan pengguna untuk mengakses situs web dengan lebih cepat, stabil, dan aman. 

Nah, jika Anda ingin mengenal lebih jauh tentang CDN, mulai dari definisi, cara kerja, fungsi, hingga tips memilih penyedia terbaik, artikel ini adalah tempat yang tepat. Jadi, jangan tunda lagi untuk simak pembahasannya sampai akhir!

Definisi Content Delivery Network (CDN)

Definisi Content Delivery Network (CDN)

CDN atau Content Delivery Network adalah jaringan server yang tersebar luas secara geografis dan berfungsi untuk menyebarkan serta mengoptimalkan pengiriman konten digital dari suatu situs web atau aplikasi kepada pengguna di seluruh dunia. Adapun pengertian lainnya yaitu, CDN merupakan infrastruktur terdistribusi dengan tujuan untuk mengirimkan konten yang lebih dekat ke pengguna dengan performa tinggi.

Server CDN seringkali disebut sebagai edge server atau server tepi karena semua server CDN berada di tempat yang dekat dengan pengguna akhir dibandingkan server host atau tempat situs web berasal. 

Edge server ini bertugas untuk menyimpan salinan berbagai subset konten web dari server host atau server utama, baik berupa video, audio, gambar, hingga file HTML. CDN yang mendekatkan konten web ke pengguna akhir memungkinkan situs web bisa mengendalikan penggunaan bandwidth sehingga pemuatan bisa lebih baik dan cepat. 

Cara Kerja Content Delivery Network (CDN)

Cara Kerja Content Delivery Networka (CDN)

Sudah disinggung sebelumnya bahwa CDN bekerja untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengiriman konten digital dengan menggunakan jaringan server yang terdistribusi di berbagai lokasi geografis. 

Ketika sebuah situs web atau aplikasi menggunakan CDN, konten seperti gambar, video, dan halaman web disalin dan disimpan di beberapa server yang disebut Point of Presence (PoP) di berbagai belahan dunia. 

Saat pengguna mengakses situs web tersebut, permintaan mereka tidak akan langsung dikirim ke server utama, melainkan dialihkan ke edge server terdekat dengan lokasi pengguna. Server ini berisi salinan konten dari cache yang bisa membantu mengurangi waktu muat halaman dan beban pada server utama. 

Selain itu, CDN secara berkala akan memperbarui konten di edge server untuk memastikan pengguna bisa selalu mendapatkan versi terbaru. Adapun fitur tambahan CDN, seperti perlindungan terhadap serangan DDoS dan enkripsi data untuk meningkatkan keamanan. Cara kerjanya yang efektif dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan membuat penggunaan CDN terus meningkat sekitar 3,4% situs web global atau sekitar 12,3 juta situs.

Contoh, jika Anda mempunyai situs web di server yang berbasis di Amerika Serikat, maka pengguna yang ada di Indonesia akan mendapatkan konten yang berasal dari edge server dari Indonesia. Jadi, pemuatan konten akan jauh lebih cepat karena jaraknya yang juga dekat.

Baca JugaPentingnya Teknologi Cloud dalam Upaya Transformasi Digital

Fungsi Content Delivery Network (CDN)

CDN mempunyai pengaruh besar untuk memberikan pengalaman pengguna di internet yang lebih aman dan cepat. Bahkan berkat kemudahan yang ditawarkan, pada tahun 2021 ukuran pasar CDN global mencapai nilai USD 16.728,96 juta dan diperkirakan akan terus berkembang pada CAGR sebesar 23,44% mencapai USD 59.180,74 juta pada tahun 2027.

Data ini menunjukkan bahwa CDN memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, baik itu pengelola maupun pengguna situs web. Memangnya, apa saja fungsi CDN? Adapun berikut adalah pembahasannya secara lengkap, antara lain:

  • Mempercepat Pengiriman Konten

CDN dibuat untuk mempercepat pengiriman konten dengan menyimpan salinan data di beberapa edge server yang tersebar di berbagai lokasi. Ketika pengguna mengakses situs web atau aplikasi, konten dikirimkan dari server yang paling dekat dengan lokasi mereka, bukan dari server utama yang cukup jauh. Proses ini pastinya bisa mengurangi waktu perjalanan data dan meningkatkan kecepatan loading halaman. 

  • Meringankan Beban Server Utama

Server utama atau origin server adalah server pusat yang menyimpan konten asli. Saat ada banyak pengguna mengakses situs web secara bersamaan, maka server utama akan mendapatkan beban berat dan mungkin saja tidak mampu menangani semua permintaan. Masalah ini nantinya akan menyebabkan penurunan performa atau downtime

Keberadaan CDN sendiri bisa meringankan beban ini dengan menyebarkan permintaan ke berbagai edge server. Jadi, server utama tidak perlu lagi menangani semua permintaan langsung dan bisa fokus pada tugas lain, seperti pemrosesan data atau manajemen aplikasi.

  • Memberikan Keamanan Ekstra

Keamanan menjadi salah satu aspek penting yang ditangani oleh CDN. Penyedia CDN sering kali menawarkan perlindungan ekstra terhadap serangan Distributed Denial of Service (DDoS) dengan mendistribusikan traffic ke banyak server. Ini bisa mengurangi risiko serangan yang mungkin saja membanjiri satu server

Selain itu, ada juga banyak CDN yang menyediakan fitur keamanan tambahan, seperti enkripsi data (SSL/TLS) untuk melindungi data selama transmisi hingga Web Application Firewall (WAF) untuk mencegah akses yang berbahaya dan serangan cyber lainnya.

Tips Memilih Penyedia Content Delivery Network (CDN)

Saat memilih penyedia CDN, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang bisa memengaruhi performa situs web atau aplikasi. Memilih CDN yang tepat bukan hanya bisa meningkatkan kecepatan pengiriman konten, tetapi juga memastikan keamanannya. Adapun berikut adalah beberapa tips memilih penyedia CDN terbaik, antara lain:

Tentukan Kebutuhan

Sebelum memilih penyedia CDN, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan. Ini mulai dari jenis konten yang akan Anda bagikan, seperti video, gambar, atau volume traffic yang diharapkan. Apakah audiens Anda tersebar secara global atau lebih terkonsentrasi di wilayah tertentu? Apakah Anda membutuhkan CDN yang bisa menangani lonjakan traffic secara tiba-tiba?

Pastinya menentukan kebutuhan ini akan membantu Anda memilih CDN yang menawarkan fitur paling tepat, seperti caching hingga streaming video

Periksa Jaringan dan Cakupannya

Jaringan dan cakupan geografis penyedia CDN sangat penting untuk memastikan konten Anda bisa diakses dengan cepat oleh pengguna di seluruh dunia. CDN bekerja dengan menyimpan salinan konten di server yang tersebar di berbagai lokasi, sehingga ketika pengguna mengakses situs web Anda, mereka mendapatkan konten dari server terdekat. 

Pastikan penyedia CDN mempunyai server di lokasi strategis yang relevan dengan target audiens Anda. Semakin dekat server dengan pengguna, maka semakin cepat konten akan diakses sehingga kecepatan loading juga semakin baik.

Baca JugaMenghemat Biaya Cloud di Perusahaan Anda dengan 6 Langkah Ini

Pertimbangkan Harganya

Setiap penyedia CDN menawarkan berbagai paket harga yang biasanya ditentukan berdasarkan pada volume traffic, jenis layanan, dan lokasi geografis. Selain biaya bulanan atau tahunan, periksa juga apakah ada biaya tambahan, seperti biaya transfer data, penyimpanan, atau layanan lainnya. 

Cek Keamanan CDN yang Ditawarkan

Keamanan harus menjadi prioritas utama saat memilih penyedia CDN, terutama jika Anda mengelola situs web atau aplikasi yang menangani data sensitif. Pastikan CDN yang Anda pilih menawarkan fitur keamanan, seperti perlindungan terhadap serangan DDoS, enkripsi data (SSL/TLS), dan WAF. 

Adapun beberapa penyedia CDN juga menawarkan fitur tambahan, seperti otentikasi pengguna dan pengelolaan akses yang bisa membantu melindungi konten dari akses berbahaya sah serangan cyber.

Pastikan Layanan Pelanggannya Baik

Dukungan pelanggan yang responsif dan ada sepanjang waktu sangatlah penting, apalagi jika Anda mengalami masalah teknis. Penyedia CDN yang baik akan menawarkan layanan pelanggan 24/7 dengan tim dukungan yang siap membantu Anda kapan saja. 

Selain itu, periksa juga reputasi penyedia dalam hal dukungan teknis, apakah mereka mempunyai waktu respon yang cepat? Hingga apakah mereka bisa menyelesaikan masalah dengan baik atau tidak.

Kesimpulan

Content Delivery Network atau CDN adalah teknologi yang mempunyai tugas penting dalam memastikan pengiriman konten web yang cepat dan aman. Adapun beberapa fungsi CDN, mulai dari mempercepat pengiriman konten hingga meringankan beban server utama dan meningkatkan keamanan. 

Ketika memilih penyedia CDN, pertimbangkan juga faktor-faktor, seperti cakupan jaringan, harga, keamanan, dan dukungan pelanggan untuk memastikan Anda mendapatkan layanan terbaik. 

Tidak perlu khawatir harus pusing mencari penyedia CDN karena ada Huawei Cloud CDN yang menawarkan berbagai fitur unggulan untuk membantu meningkatkan performa situs web Anda. Mulai dari jaringan server yang memadai, jaminan keamanan, hingga beragam pilihan harga dan layanan pelanggan yang responsif, Huawei Cloud CDN bisa berikan yang terbaik untuk Anda.

Tingkatkan kecepatan situs web dan berikan pengalaman terbaik untuk pengguna situs web Anda bersama Huawei Cloud CDN. Klik di sini dan coba gratis sekarang juga!

Temukan Potensi Penuh Solusi CDN Cloud yang Inovatif bersama Huawei Cloud

Segera tingkatkan kecepatan website Anda ke level berikutnya dengan Huawei Cloud CDN!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Huawei Cloud
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!