aplikasi manajemen proyek

11 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek 2024

Share on:

Mengelola suatu proyek bisa menjadi hal yang sulit terlebih tugas dan tenggat waktunya berbeda-beda. Kabar baiknya, di tahun 2024 ini sudah ada berbagai aplikasi manajemen proyek yang hadir untuk membantu Anda dan tim dalam menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

Namun, masing-masing aplikasi pastinya mempunyai fitur dan kelebihan yang beragam sehingga Anda perlu memilih mana yang paling tepat. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan 11 rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Langsung simak daftarnya yuk!

Apa Itu Aplikasi Manajemen Proyek?

Apa saja kelebihan dari penggunaan agenda rapat

Project management adalah serangkaian aktivitas yang mengakomodir seluruh sumber daya agar tujuan proyek bisa tercapai dengan efektif dan efisien.

Sementara itu, aplikasi manajemen proyek adalah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memudahkan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan proyek. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang membantu tim maupun individu dalam mengatur tugas, menetapkan tenggat waktu, dan memantau kemajuan proyek. 

Beberapa fiturnya, seperti notifikasi atau pengingat, papan kanban, manajemen tugas, pembuatan jadwal, kalender, pelacakan progres, kolaborasi tim, laporan proyek, hingga pengelolaan anggaran.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi manajemen proyek, Anda bisa mengelola berbagai aspek proyek lebih efisien secara jarak jauh dan memastikan bahwa semuanya terkoordinasi dengan baik serta selesai sesuai jadwal. Berbagai keunggulannya, bahkan membuat 43% organisasi atau perusahaan selalu mengerjakan proyek sesuai anggaran.

Apa saja contoh dari manajemen proyek? Ini bisa berupa peluncuran produk baru, pembangunan infrastruktur, penelitian, pengembangan perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek 2024

11 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek 2024

Ada beberapa aplikasi manajemen proyek yang bisa membantu Anda untuk mengelola tugas, memantau kemajuan, hingga berkolaborasi dengan tim secara efektif. Penggunaan aplikasi ini banyak memberikan manfaat. 

Menurut data dari Project Management Institute, uang yang dihasilkan oleh industri dengan menggunakan manajemen proyek secara ekstensif akan meningkat dari $24,7 triliun pada tahun 2019 menjadi $34,5 triliun pada tahun 2030. Ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi ini bisa memberikan dampak besar pada kesuksesan suatu industri, organisasi, atau perusahaan. 

Adapun berikut ini adalah daftar rekomendasi aplikasi manajemen proyek 2024 terbaik, antara lain:

1. Lark Suite

Lark

Lark Suite adalah platform atau aplikasi produktivitas yang menggabungkan antara manajemen proyek, obrolan, rapat, penyuntingan dokumen, hingga alat otomatisasi. Aplikasi ini dibuat khusus untuk memudahkan antara kolaborasi tim dan manajemen proyek. 

Menggunakan super app seperti Lark Suite, membuat Anda bisa mengelola komunikasi tim, dokumen, dan tugas proyek secara efisien tanpa perlu beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Fitur Lark Suite:

  • Pesan dan obrolan real-time
  • Rapat sampai konferensi video dengan berbagi layar dan rekaman
  • Penyuntingan dokumen kolaboratif langsung dalam aplikasi
  • Alat manajemen proyek untuk merencanakan dan melacak tugas
  • Cloud storage
  • Kalender
  • Workplace
  • Integrasi dengan aplikasi lain

Kelebihan Lark Suite:

  • Platform terpadu karena tidak perlu buka beberapa aplikasi
  • Memudahkan kolaborasi tim
  • Bisa digunakan di perangkat seluler dan desktop
  • Menyediakan otomatisasi dan integrasi aplikasi 
  • Memudahkan kolaborasi lintas zona waktu dan tim global

2. Airtable

Airtable

Selanjutnya, ada Airtable atau aplikasi manajemen proyek dan basis data yang menggabungkan antara spreadsheet dengan database. Airtable memungkinkan Anda bisa membuat, mengatur, dan melacak proyek dengan menggunakan tampilan mirip spreadsheet yang lebih canggih dibandingkan spreadsheet konvensional.  

Fitur Airtable:

  • Project template 
  • Tampilan grid, kanban, kalender, dan galeri untuk mengatur serta melacak data sesuai kebutuhan
  • Custom fields
  • Integrasi dengan aplikasi lain
  • Mobile app

Kelebihan Airtable:

  • Tampilan fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek
  • Memudahkan kolaborasi tim dengan fitur kolaborasi real-time
  • Integrasi dengan berbagai plugin atau aplikasi
  • Antarmuka yang ramah pengguna dan sederhana

3. Clarizen

Clarizen

Clarizen merupakan aplikasi manajemen proyek berbasis cloud yang dibuat untuk membantu tim atau organisasi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi proyek secara efisien. 

Fitur Clarizen:

  • Tampilan Gantt untuk penjadwalan proyek
  • Fitur pelacakan anggaran
  • Pelaporan dan dashboard custom
  • Integrasi dengan aplikasi bisnis lainnya

Kelebihan Clarizen:

  • Alat manajemen proyek lengkap
  • Kolaborasi tim yang efisien
  • Fleksibel dan bisa disesuaikan
  • Skalabilitas tinggi untuk berbagai ukuran tim

4. Asana

Asana

Berikutnya, ada Asana atau aplikasi berbasis cloud yang memudahkan tim dalam merencanakan, mengorganisir, dan melacak pekerjaan. Penggunaan Asana bisa membantu Anda dalam mengelola proyek secara efisien dan memastikan semua tugas selesai tepat waktu.

Fitur Asana:

  • Daftar dan papan tugas kanban
  • Penjadwalan dan tenggat waktu
  • Kolaborasi real-time
  • Sub-tugas dan pengelolaan
  • Tampilan gantt untuk jadwal
  • Admin dan keamanan
  • Gol dan pelaporan

Kelebihan Asana:

  • Antarmuka mudah digunakan dengan desain yang bersih
  • Komunikasi tim menjadi lebih lancar
  • Terhubung dengan banyak aplikasi

5. ClickUp

ClickUp

ClickUp merupakan aplikasi manajemen proyek yang terintegrasi dengan berbagai alat untuk perencanaan, pengorganisasian, dan pelacakan tugas dalam satu aplikasi. Aplikasi ini mampu membuat suatu tim mampu mengelola proyek dengan lebih efisien berkat berbagai fitur yang bisa disesuaikan.

Fitur ClickUp:

  • Tampilan daftar, kanban, dan gantt 
  • Penugasan dan tenggat waktu 
  • Dokumen dan catatan langsung di aplikasi
  • Automasi alur kerja dan tugas berulang

Kelebihan ClickUp:

  • All-in-one platform dengan berbagai alat dalam satu aplikasi
  • Tampilan dan fitur bisa disesuaikan
  • Memudahkan komunikasi tim
  • Terhubung dengan banyak aplikasi

6. Miro

Miro

Project management tools apa saja? Salah satunya adalah Miro yang merupakan platform papan tulis digital untuk memungkinkan tim bisa berkolaborasi secara visual dalam merencanakan dan mengelola proyek. 

Fitur Miro:

  • Papan tulis digital untuk menggambar dan menulis ide secara visual
  • Template dan alat kolaborasi, seperti sticky notes, diagram, dan peta pikiran
  • Integrasi dengan aplikasi lain
  • Fitur komentar dan chat

Kelebihan Miro:

  • Kolaborasi dengan papan tulis online yang memudahkan brainstorming
  • Fleksibilitas tinggi dengan berbagai template dan alat visual
  • Antarmuka mudah digunakan

7. Monday.com

Monday.com

Monday.com merupakan rekomendasi aplikasi manajemen proyek 2024 yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan dalam perencanaan, pelacakan, dan kolaborasi. 

Fitur Monday.com:

  • Tampilan berupa tabel dan kanban 
  • Papan proyek bisa disesuaikan
  • Pelacakan tenggat waktu
  • Fitur komentar, file sharing, dan notifikasi
  • Terhubung dengan aplikasi lain

Kelebihan Monday.com:

  • Antarmuka yang mudah digunakan 
  • Tampilan visual yang menarik dan transparan
  • Kolaborasi mudah dengan fitur komunikasi dan pembagian tugas 

8. Redbooth

Selanjutnya, ada Redbooth berupa aplikasi manajemen proyek dan kolaborasi tim untuk meningkatkan produktivitas dengan menyediakan berbagai fitur, seperti alat perencanaan, pelacakan, dan penyelesaian tugas.

Fitur Redbooth:

  • Tampilan daftar dan kanban 
  • Penjadwalan dan tenggat waktu 
  • Penyimpanan dokumen 
  • Fitur obrolan dan komentar langsung

Kelebihan Redbooth:

  • Tampilan fleksibel dengan berbagai opsi tampilan 
  • Komunikasi dan berbagi file lebih mudah
  • Pelaporan proyek yang jelas 
  • Antarmuka sederhana yang mudah digunakan dan dinavigasi

9. Trello

Trello adalah aplikasi manajemen proyek berbasis papan yang menggunakan sistem kartu dan daftar untuk membantu tim atau organisasi dalam mengorganisir serta melacak tugas.

Fitur Trello:

  • Papan, daftar, dan kartu untuk mengelola proyek 
  • Penugasan dan tenggat waktu
  • Checklist dan lampiran 
  • Komentar dan diskusi 

Kelebihan Trello:

  • Tampilan visual yang sederhana 
  • Fleksibel dalam mengatur papan, daftar, dan kartu sesuai kebutuhan
  • Mudah kolaborasi karena ada fitur komentar dan berbagi file

10. Wrike

Ada juga Wrike berupa aplikasi manajemen proyek yang menyediakan solusi terbaik untuk perencanaan, pelacakan, dan pengelolaan proyek. Berbagai fitur atau alat yang disediakan membuat Wrike mampu membantu tim dalam mengelola berbagai proyek secara efisien.

Fitur Wrike:

  • Tampilan daftar, gantt, dan kanban untuk mengelola proyek
  • Penugasan dan tenggat waktu 
  • Penyimpanan dan berbagi file 
  • Kolaborasi fitur komentar dan obrolan

Kelebihan Wrike:

  • Kolaborasi dengan komunikasi dan berbagi file 
  • Pelaporan kinerja untuk melacak kemajuan proyek 
  • Integrasi luas dengan berbagai aplikasi dan alat
  • Antarmuka dan fitur yang mudah digunakan

11. Zoho Project

Terakhir, ada Zoho Projects berupa aplikasi manajemen proyek yang menyediakan berbagai fitur untuk perencanaan, pelacakan, dan pengelolaan proyek secara efisien. Aplikasi Zoho Projects, memungkinkan tim bisa mengatur tugas, berkomunikasi, dan memantau kemajuan proyek dalam satu platform yang terintegrasi.

Fitur Zoho Project:

  • Tampilan gantt chart 
  • Manajemen tugas dengan tenggat waktu dan prioritas
  • Fitur diskusi, komentar, dan berbagi file
  • Penyimpanan dokumen
  • Pengingat

Kelebihan Zoho Project:

  • Perencanaan proyek yang menyeluruh
  • Kolaborasi efisien dengan fitur komunikasi dan berbagi file
  • Pelaporan yang detail 
  • Integrasi luas dengan berbagai aplikasi populer

Kesimpulan

Aplikasi manajemen proyek adalah perangkat lunak yang berguna untuk memudahkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proyek. Aplikasi ini biasanya dilengkapi oleh berbagai fitur yang bisa membantu tim atau individu dalam mengatur tugas, menetapkan tenggat waktu, dan memantau kemajuan proyek. 

Memilih aplikasi manajemen proyek yang tepat juga bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim. Anda bisa menggunakan Lark Suite dari Weefer untuk solusi manajemen proyek yang terintegrasi dan mudah digunakan. Coba gratis di sini sekarang juga dan mulai perjalanan Anda menuju manajemen proyek yang lebih efektif!

Coba Lark Sekarang: Optimalkan Kolaborasi Tim Anda!

Tingkatkan produktivitas tim Anda dengan Lark sekarang! Dapatkan kolaborasi yang lebih efisien, proyek yang sukses, dan pengalaman kerja yang lebih baik. Coba Lark sekarang dan optimalkan cara tim Anda bekerja!

Demo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Lark Suite
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!