sistem erp adalah

Sistem ERP Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Share on:

Enterprise Resource Planning atau Sistem ERP adalah istilah yang begitu familiar di kalangan pebisnis. Khususnya pada operasional bisnis yang membutuhkan sentuhan teknologi. Ya di masa kini, teknologi memang sangat mempermudah operasional bisnis. 

Layaknya seorang chef yang menciptakan pengalaman kuliner di dapurnya. Ia mengkoordinasikan bahan-bahan, proses memasak, dan staf di dapur agar selaras. Sistem ERP juga menyelaraskan berbagai fungsi bisnis, mulai dari operasional, supply chain, perdagangan, laporangan keuangan, hingga manufaktur, kesemuanya menjadi alur kerja yang mulus. 

Coba kita ulik lebih jauh lagi tentang Sistem ERP, mulai dari cara kerja, hingga manfaatnya!

Apa yang dimaksud dengan sistem ERP?

Sistem ERP atau Enterprise Resource Planning tidak bisa diartikan hanya melalui penerjemahan kepanjangannya saja, Seperti adanya kata planning dan resource sebenarnya bukan menjadi inti dari ERP. Namun lebih menitikberatkan pada kata Enterprise.

Apa yang dimaksud dengan sistem ERP

ERP sendiri berguna untuk menyatukan seluruh departemen dan fungsinya di sebuah perusahaan. Sehingga dapat mengakomodir seluruh kebutuhan spesifik dari seluruh departemen yang berbeda-beda. 

Nantinya akan disatukan dalam satu sistem komputer yang terpadu dan bisa mengurangi pekerjaan manual. Kenapa begitu? Sebab semuanya sudah terintegrasi dengan sistem komputer dan lebih teroganisir. Setidaknya begitulah Setyawan Wibisono, dalam penjelasannya soal pengertian Sistem ERP di Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK X

Sementara definisi yang bisa dibilang lebih sederhana dari sistem ERP atau Enterprise Resource Planning, diungkapkan oleh  (Wiyono dan Wijayanto

2012) sistem ERP adalah sebuah konsep untuk melakukan perencanaan dan mengelola sumber daya yang tersedia dalam organisasi agar dapat dimanfaatkan dengan optimal dan efektif untuk menghasilkan nilai tambahan untuk pihak yang berkepentingan atas organisasi tersebut.

Baca Juga17 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik Yang Bisa Digunakan di Indonesia Berdasarkan G2

Cara Kerja Sistem ERP

Sistem ERP adalah solusi terbaik untuk mengurangi pekerjaan manual dan menyederhanakan alur kerja bisnis yang ada.

Cara Kerja Sistem ERP

ERP merupakan management software yang sangat baik yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara efisien dengan mengotomatiskan semua tugas harian dan administratif.

Sistem aplikasi ERP apa saja? Semua task bisnis terkait penjualan, sumber daya manusia, manajemen inventaris, manajemen hubungan pelanggan, keuangan, dll, bisa diatasi oleh ERP system. 

Semua yang disebutkan di atas akan tersedia dalam satu tempat. Sistem ERP menghadirkan gambaran yang lebih besar dan lebih jelas, dengan real time update, untuk memudahkan pemantauan bisnis dan pertumbuhan organisasi Anda.

Sekarang, Anda pasti tertarik mengetahui bagaimana ERP bekerja dalam suatu organisasi bukan? Sistem ERP adalah tools yang bisa mendukung Anda dalam meningkatkan efisiensi bisnis, yang nantinya bahkan bisa meningkatkan profitabilitas. Sistem ERP sebagai software manajemen prosedur bisnis dapat memungkinkan Anda mengatur data melalui perangkatnya.

ERP system adalah tools yang dapat meningkatkan operasi perusahaan Anda di setiap departemen. Caranya bagaimana? Tentunya… dengan memberikan Anda kontrol penuh atas sumber daya bisnis Anda. 

Alih-alih bolak-balik antar divisi yang berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, sangat tidak efektif. Anda dapat menangani semuanya di satu tempat melalui perangkat lunak sistem ERP. Namun, untuk mendapatkan tingkat efisiensi ini bagi perusahaan Anda, Anda harus berinvestasi dalam sistem ERP yang baik dan bereputasi baik ya!

Contoh Penerapan Sistem ERP

Contoh sempurna dari contoh penerapan sistem ERP bisa kita jumpai di perusahaan ritel. Alurnya seperti ini:

Contoh Penerapan Sistem ERP

Tim penjualan mengumpulkan pesanan pelanggan ke dalam sistem ERP, kemudian secara otomatis memeriksa tingkat persediaan dan ketersediaan.

Jika suatu produk kehabisan stok, ERP menghasilkan pesanan pembelian untuk supplier.

Kemudian, modul keuangan memproses pembayaran dan mengelola akun piutang/hutang.

ERP juga melacak pengiriman, memperbarui pelanggan dan tim gudang.

Sistem ERP memberikan data dan laporan real time untuk memungkinkan manajemen membuat keputusan yang tepat, seperti menyesuaikan harga produk atau memodifikasi rantai pasokan. Sistem ERP dapat mengumpulkan semua proses bisnis dalam 1 database terpusat. 

Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan

Untuk manfaat atau keuntungan menggunakan ERP bagi perusahaan, akan kami bahas di sini ya.

Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan

Keamanan Data yang Terpusat dan Terjamin

Data adalah aset berharga bagi perusahaan, tentu saja Anda tidak bisa mengelolanya sembarangan. Dengan sistem ERP. semua data yang dimiliki perusahaan Anda berada dalam satu tempat yang terpusat. Tidak lagi tersebar di shared file atau spreadsheet.  Apalagi yang dibagikan ke karyawan melalui email, semua data terasa berceceran. 

Cloud yang dimiliki ERP bisa mencadangkan data sehingga bisa diakses oleh setiap orang di perusahaan Anda. Bagaimana dengan data sensitif? 

Tidak perlu khawatir, dengan ERP Anda juga bisa membatasi akses data hanya kepada pihak yang berkepentingan saja. Semua data juga disajikan dengan format yang terstandarisasi, sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lebih hemat biaya

Segala hal yang bisa dilakukan secara manual dengan sistem ERP sebenarnya memiliki peluang untuk membuat bisnis Anda jadi lebih hemat biaya. Otomisasi yang sudah kita bahas di atas itu bisa mengurangi bahkan menghilangkan biaya administratif dan operasional. 

Anda bisa memangkas alur menjadi lebih efektif. Bahkan hal-hal terkait stock atau rencana produksi yang tidak sesuai pun bisa diantisipasi, bisa mengurangi biaya Anda. Itulah sebabnya, ERP menjadi solusi untuk Return of Investment (ROI) yang tepat. 

Pelayanan Pelanggan yang Lebih Baik

Semua bisnis sata ini tentu punya kompetitornya masing-maisng, saat saya sebut kompetitor sekarang Anda pasti langsung terpikir tentang bisnis lain yang satu industri dengan Anda. Untuk memenangkan persaingan, menjadi yang berkesan bagi pelanggan itu diperlukan. 

Karena setiap pengalaman pelanggan dan feednack mereka dipengaruhi oleh pelayanan yang Anda berikan. Sistem ERP bisa membantu peningkatan layanan kepada pelanggan dengan melakukan inventaris akurat dan membuat Anda memberikan pengalaman yang bisa dipersonalisasi. 

Forecasting yang lebih akurat

Forecasting jadi lebih akurat jika memanfaatkan ERP, sebab didasarkan pada informasi yang lebih akurat dan juga komprehensif. Misalnya, jika pada forecasting biaya produksi diperkriakan akan naik, maka Anda bisa bermanuver untuk mengganti startegi atau pra produksi. Entah bagaimana pengeluaran yang diprediksi akan membengkak itu bisa ditekan lagi. 

Baca JugaTips dan Kriteria Memilih Vendor ERP Terbaik dari Deloitte di 2024

Saatnya Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

Sampai sini, terkait sistem ERP yang tepat bagi bisnis Anda, setidaknya harus bisa menawarkan manfaat dan peluang yang bisa mewujudkan manfaat yang dipaparkan di atas. 

Sistem ERP yang tepat harus meningkatkan efisiensi bisnis, mengurangi biaya, meningkatkan layanan pelanggan, dan memberikan perkiraan yang lebih akurat. 

Dalam memilih sistem ERP harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik perusahaan Anda, seperti ukuran, industri, dan tujuan masa depan. Sistem ERP cloud yang berfitur lengkap dan ditenagai oleh SAP S/4HANA Cloud Public Edition dari Weefer, menawarkan banyak keuntungan, termasuk skalabilitas, fleksibilitas, dan aksesibilitas dari mana saja.

Solusi sistem ERP cloud dari Weefer dirancang untuk tumbuh bersama bisnis Anda. Coba konsultasikan sesuai dengan fungsionalitas dan tujuan Anda bersama kami.

FAQ Mengenai Sistem ERP

FAQ Mengenai Sistem ERP

Apa itu Sistem ERP?

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang menggabungkan berbagai fungsi bisnis ke dalam satu platform terpusat. Platform ini membuat pengelolaan data dan proses secara lebih efisien dan teratur.

Bagaimana cara kerja Sistem ERP?

ERP berfungsi dengan mengumpulkan data dari berbagai divisi dalam satu company dan menyimpannya dalam satu database terpusat. Hal ini membuat berbagai informasi bisa diakses secara real-time, memfasilitasi sinkronisasi dan koordinasi antar-departemen, serta otomatisasi proses bisnis.

Apa saja jenis Sistem ERP yang umum digunakan?

Jenis-jenis ERP meliputi Cloud-base ERP, ERP on-premise, dan Hybrid ERP. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, seperti kemampuan kustomisasi, biaya, dan tingkat keamanan data.

Apa manfaat dari menggunakan Sistem ERP?

Manfaat utama dari ERP meliputi peningkatan efisiensi, pengambilan keputusan yang lebih cepat berdasarkan data real-time, integrasi proses bisnis, dan peningkatan visibilitas serta kontrol atas operasi bisnis.

Contoh aplikasi ERP yang populer apa saja?

Beberapa contoh aplikasi ERP yang populer adalah SAP S/4HANA, Oracle ERP, Microsoft Dynamics, dan NetSuite. Masing-masing menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk kebutuhan bisnis yang berbeda, mulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Apa perbedaan antara ERP Cloud dan ERP On-Premise?

ERP Cloud dihosting di cloud dan diakses melalui internet, menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dan pembaruan, sementara ERP On-Premise diinstal di infrastruktur TI perusahaan sendiri, memberikan kontrol yang lebih tinggi dan kustomisasi yang lebih luas.

Ingin merasakan manfaat dari pengelolaan ERP yang Lebih Proper?

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi. Mulai konsultasi gratis dengan kami untuk cari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan di bisnis Anda

Demo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

SAP S/4HANA

Tags: (1)

Sistem ERP
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!