Memaksimalkan Kerja Tim Sales dengan Sales Force Automation (SFA)

Share on:

Tahukah anda, terdapat aplikasi yang dapat memudahkan tim sales bisnis anda agar dapat bekerja lebih efisien? Ya, aplikasi tersebut adalah sales force automation (SFA). Sebuah software yang diciptakan agar dapat membantu divisi penjualan pada bisnis anda.

Peranti lunak tersebut dapat membantu tim tugas penjualan dan mengelola data customer. Sehingga, tim sales anda dapat fokus menjual produk anda.

Manfaatnya tentu saja banyak, yang paling terlihat adalah tentu saja meningkatkan alur kerja penjualan pada perusahaan. Perusahaan dengan skala besar membutuhkan aplikasi tersebut. Mengingat, penjualan merupakan divisi yang menunjang kelangsungan bisnis secara langsung.

Dari sedikit penjelasan di atas mengenai pentingnya Sales Force Automation (SFA). maka, artikel kali ini akan membahas mengenai tools SFA tersebut secara lengkap. Berikut penjelasannya.

Pengertian Sales Force

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tools SFA, anda perlu memahami pengertian sales force terlebih dahulu. Sales force merupakan divisi dalam bisnis yang bertugas menjual produk atau layanan bisnis anda.

Mereka adalah departemen yang bertanggung jawab dalam menghubungi pelanggan dan menemui calon pelanggan.

Tujuan divisi sales yang paling utama tentu saja menjual produk yang anda tawarkan. Divisi ini dapat terlibat pula dalam proses merancang strategi penjualan dan menarik minat calon konsumen untuk membeli.

Untuk itu, pengetahuan produk dan jasa yang ditawarkan bisnis anda sangat vital bagi tim sales. Pengetahuan tentang pelanggan yang baik juga sangat penting bagi divisi ini.

Baca Juga: Tugas Staff Purchasing: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Dibutuhkan

Apa Itu Sales Force Automation (SFA)?

Sales force automation adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh divisi sales. SFA dapat secara otomatis mengerjakan tugas tim penjualan seperti mengelola interaksi dengan konsumen, membantu proses sales, dan menganalisis performa penjualan perusahaan.

SFA dapat membantu tim sales anda agar fokus pada penjualan. Sehingga, mereka tidak perlu repot mengerjakan tugas repetitif yang dapat memakan waktu. Terutama urusan administratif divisi ini.

Bayangkan, kebanyakan tim penjualan pada perusahaan menghabiskan 64% dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak menghasilkan penjualan seperti urusan administratif. Nah, SFA ini dapat membantu agar mengerjakan tugas yang tidak berkaitan dengan penjualan secara otomatis.

Sehingga, divisi penjualan perusahaan anda dapat menggunakan waktu mereka lebih optimal dalam menjual produk dan jasa anda.

Baca Juga: 4 Cara Mengidentifikasi Pain Point dan Meningkatkan Customer Experience

Mengapa Bisnis Perlu SFA?

Beberapa orang menganggap SFA atau sales automation adalah aplikasi yang dapat menggantikan divisi sales. Padahal tidak, menurut Harvard Business Review, justru SFA adalah aplikasi yang membantu tim penjualan bisnis agar dapat bekerja lebih efisien.

Dengan kata lain, sales force automation bertugas sebagai penunjang departemen sales dalam bisnis. Karena, sebuah bisnis tetap memerlukan orang-orang yang dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Bahkan seringnya, SFA menjadi bagian strategi perusahaan dalam menunjang dan meningkatkan kinerja tim penjualan. Berikut beberapa manfaat sales automation.

1. Mengoptimalkan Kinerja Tim Penjualan

Seperti pembahasan di atas, fungsi utama sales force automation adalah membantu efisiensi dan mengoptimalkan kinerja divisi sales perusahaan anda. SFA dapat membantu divisi tersebut mengerjakan tugas administratif atau tugas pengulangan lainnya.

Sehingga, sebagian besar waktu tim ini dapat digunakan untuk fokus pada penjualan, menghubungi prospek atau calon konsumen, dan interaksi langsung dengan pelanggan.

Dengan begitu, tim sales tersebut diharapkan dapat memberikan hasil kerja yang maksimal. Mengingat, sebagian beban tugas yang biasanya mereka lakukan berulang-ulang sekarang sudah ditangani bantuan SFA sepert Freshsales misal.

2. Meningkatkan Efektivitas Sales

Sales automation saat ini sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan. Contohnya, SFA dapat membantu agen sales perusahaan anda dalam menanggapi percakapan dan memahami konteks dengan pelanggan, secara otomatis.

Atau fitur yang sangat mungkin melakukan pekerjaan secara otomatis. Tentu saja, pekerjaan ini adalah jenis tugas yang dapat memakan banyak waktu tim sales perusahaan anda.

SFA saat ini juga sangat memungkinkan proses penerapan yang cepat dan sederhana. Artinya, aplikasi tersebut akan sangat mudah dipelajari dan diimplementasikan. Sehingga, proses pengadopsian sistem baru ini tidak akan mengganggu kinerja divisi sales dan menurunkan penjualan bisnis.

3. Menciptakan Peluang Penjualan

Sales force automation memiliki fitur yang dapat membantu tim penjualan untuk fokus mendapatkan prospek pelanggan berdasarkan leads terbaik.

Yaitu dengan cara mengumpulkan data calon pelanggan atau orang yang tertarik dengan produk anda. SFA dapat mengumpulkan data tersebut ketika calon konsumen tersebut masuk ke website resmi produk anda.

Anda juga dapat menciptakan respons otomatis sesuai dengan intensi pelanggan tersebut. Sehingga, tim penjualan anda memiliki dukungan penuh 24 jam yang telah diotomatisasi.

4. Meningkatkan Konversi Penjualan

Fitur menarik SFA terakhir adalah kemampuannya yang bisa meningkatkan konversi penjualan produk dan jasa. Yaitu dengan bantuan AI atau kecerdasan buatan yang dapat membantu mengelompokkan mana saja prospek dengan kemungkinan pembelian paling baik.

Kecerdasan buatan dalam aplikasi SFA dapat memberikan informasi calon pelanggan yang sangat mungkin membeli produk anda. Dengan berdasarkan data yang software tersebut kumpulkan.

Baca Juga: CRM Marketing dan Sales: Betapa Pentingnya Menyelaraskan Sales dan Marketing Menggunakan CRM

Fitur Penting dalam Sales Automation

Berbagai manfaat di atas dapat tercapai jika sales force automation anda memiliki fitur-fitur utama yang sangat penting dalam menunjang divisi sales. Fitur-fitur yang tidak boleh terlewatkan tersebut antara lain:

# Mengelola Kontak

Fitur ini dapat dibilang menjadi salah satu yang sangat penting. Fitur ini memungkinkan divisi sales untuk melacak kontak pelanggan, mengumpulkan data, dan meningkatkan engagement pelanggan dengan bisnis anda.

Dengan pengelolaan yang baik, anda bisa mendapatkan data komprehensif mengenai pelanggan yang tersimpan pada database aplikasi anda.

# Otomatisasi Harga

Sebuah sales automation harus dapat secara otomatis mengelola harga setiap produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga, agen sales perusahaan anda akan selalu memiliki data terbaru mengenai setiap produk dan jasa yang ditawarkan.

Fitur ini terdapat pada Freshsales, dan memungkinkan anda untuk membuat invoice yang mencantumkan harga terbaru sebuah produk.

Sehingga, akan sangat menghemat waktu anda dan meminimalisasi kemungkinan terjadi kesalahan akibat penulisan harga.

# Pengelolaan Transaksi

Fitur utama SFA yang lain adalah pengelolaan transaksi. Sales automation harus mampu mengelola sales pipeline seperti kegiatan follow-up yang dilakukan secara otomatis.

SFA juga harus dapat menggambarkan keseluruhan proses penjualan yang dapat dianalisis. Tujuannya, agar divisi penjualan bisnis anda dapat membuat strategi dan perencanaan untuk meningkatkan penjualan.

# Kecerdasan Buatan

Tidak semua aplikasi sales automation dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Padahal, fitur ini dapat sangat bermanfaat dan membantu pekerjaan tim penjualan perusahaan anda.

AI atau kecerdasan buatan mengumpulkan, menganalisis, dan memprediksi data penjualan dalam bisnis. Yang selanjutnya diproses menjadi laporan dan rekomendasi strategi atau upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sales.

# Data Stok Produk

Fitur ini bisa dibilang adalah fitur dasar yang wajib ada. Karena, fitur inilah yang menyimpan data jumlah produk yang dapat diakses oleh seorang sales saat berinteraksi langsung dengan konsumen.

Tentu saja, tanpa fitur ini akan sangat susah bahkan mustahil untuk seorang sales dapat memiliki data stok produk. Terlebih, stok produk tersebut juga harus memiliki komponen lainnya seperti harga terbaru, dan stok sisa yang masih tersedia.

# Profil Pelanggan

Kemudahan lain yang diberikan SFA adalah akses informasi mengenai data pelanggan. Seperti nomor yang dapat dihubungi, alamat, dan informasi penting lainnya. Seperti data pemesanan sebelumnya, piutang, dan dana jatuh tempo misal.

Dengan SFA, semua informasi di atas dapat langsung tercantum dengan lengkap. Sehingga, dapat memudahkan pekerjaan tim sales perusahaan anda.

# Analisis Performa

Sales force automation dapat memberikan data performa tiap agen sales anda. Data tersebut disajikan lengkap beserta analisis target tercapainya. Sehingga, setiap orang dalam divisi sales anda dapat mengetahui performa kerja mereka selama ini.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai sales automation atau SFA. Sebuah aplikasi yang diciptakan untuk meningkatkan performa tim penjualan bagi bisnis anda.

Sehingga, tim sales perusahaan anda dapat bekerja lebih optimal dan fokus pada penjualan. Tidak lagi harus repot mengurusi pekerjaan administratif atau tugas repetitif lainnya yang memakan banyak waktu.

Share on:

Author

Mohamad Krisna

Categories: (1)

Karyawan
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!