...

Lark Base x ChatGPT AI: 12 Tips Memaksimalkan Workflow untuk Berbagai Macam Bisnis

Share on:

Semua orang pernah berfikir untuk menggunakan AI agar pekerjaan dapat dipercepat, namun merasa jenuh dengan prompt yang terus-menerus sama. Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan memiliki generator prompt untuk kecerdasan buatan seperti ChatGPT AI secara pribadi.

Kami telah memutuskan untuk menangani pekerjaan ini dengan menggunakan produk internal kami dan mengimplementasikan fitur AI Autofill di platform Lark Base. Anda dapat membuat prompt kustom dengan menggunakan template dan data field yang telah diatur setelah mengintegrasikan akun OpenAI Anda ke Lark Base. Hasilnya akan otomatis terisi. Yuk, kita simak bersama detailnya.

12 Tips Memaksimalkan Alur Kerja dengan Lark x ChatGPT AI

chatgpt ai

Dengan adanya AI Autofill di Lark Base, Anda akan mendapatkan generator prompt AI pribadi dan alat bantu kerja yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam menyelesaikan tugas. Berikut ini adalah 12 alur kerja yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis tim dan kebutuhan Anda. Alur kerja ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi operasional, peningkatan pembuatan konten, serta mempercepat penyelesaian masalah.

Customer Service: Ciptakan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah KPI terpenting saat menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan. Semakin cepat tim Anda memberikan solusi yang tepat, semakin puas pelanggan Anda. Alih-alih selalu merujuk pada buku panduan layanan, fitur AI Autofill dari Lark Base dapat membantu Anda tetap responsif dengan bertindak sebagai generator prompt AI dan asisten layanan Anda.

chatgpt ai

1. Konfirmasi pesanan grosir

Dengan Lark Base, Anda bisa mengatur dan melacak pesanan grosir dengan lebih efisien. Perwakilan pengembangan bisnis Anda dapat memasukkan detail pesanan ke generator prompt AI untuk menulis permintaan, lalu ChatGPT AI akan memberikan ringkasan pesanan untuk dikonfirmasi dengan klien. Dikombinasikan dengan SendGrid di Lark Base, konten ini bisa otomatis dimasukkan ke dalam email dan dikirimkan ke klien sebagai konfirmasi.

2. Klasifikasi feedback pelanggan retail

Saat menggunakan Lark Base untuk mengumpulkan feedback pelanggan, staf toko retail dapat dengan mudah menyortir dan menganalisis feedback tersebut dengan bantuan ChatGPT AI yang mengkategorikan umpan balik pelanggan menggunakan tag yang sudah ditentukan dalam prompt, dan merangkum perbaikan yang dibutuhkan. Hal ini dapat menghemat waktu tim toko dalam menyortir dan memberi tag secara manual, serta memberikan wawasan tentang perubahan yang perlu dilakukan dengan lebih cepat.

Baca Juga20 Tips Customer Service untuk Layanan Pelanggan Lebih Hebat di 2024

3. Menanggapi permintaan tamu hotel

Dengan Lark Base, tim layanan hotel dapat mengumpulkan dan menangani permintaan tamu menggunakan AI untuk mengevaluasi preferensi tamu berdasarkan permintaan yang diajukan, dan memberikan saran respon. Bahkan staf baru dapat bekerja dengan profesional menggunakan jawaban yang disarankan yang tersedia di ponsel mereka.

Bagian Operasional: Selesaikan semua masalah sebelum hari berakhir

Biasanya, tim operasi bertujuan untuk menangani permintaan dengan efisien sebelum mereka meningkat dan mengganggu alur operasional. Hal ini memerlukan pengalaman, pengetahuan, dan ketenangan untuk menangani pertanyaan yang rumit secara konsisten. Dengan generator prompt AI dan master troubleshoot, tim Anda bisa lebih menyederhanakan operasi dan mengoptimalkan waktu.

chatgpt ai

4. Daftar tugas pergantian shift

Saat berganti shift di restoran, beberapa kebutuhan dan permintaan membutuhkan perhatian lanjutan. Daripada menulisnya di sticky notes yang bisa hilang, karyawan restoran bisa menggunakan Lark Base untuk mengirim laporan shift. AI kemudian dapat menyarankan daftar tugas berdasarkan laporan tersebut untuk diselesaikan oleh orang yang mengambil alih shift berikutnya.

5. Optimalisasi prioritas perawatan hotel

Di musim sibuk dengan banyak kamar yang dipesan dan dirawat sekaligus, tim perawatan hotel bisa mengoptimalkan penggunaan waktu mereka dengan bantuan AI untuk menyortir tugas perawatan. Staf hotel dapat memasukkan kebutuhan perawatan kamar yang berbeda, dan AI akan menyarankan prioritas berdasarkan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan dan menata ulang.

6. Respons keamanan insiden ritel

Untuk meningkatkan respon terhadap kejadian, tim keamanan sering kali membutuhkan solusi serta cara untuk mencegah terulangnya kejadian tersebut. Dengan fitur autofill, staf keamanan di toko ritel dapat memasukkan detail kejadian keamanan melalui Lark Base, dan AI dapat memberikan rekomendasi untuk tindakan langsung atau langkah pencegahan masa depan berdasarkan detail kejadian tersebut.

7. Kontrol kualitas produksi

Banyak workshop pabrik perlu merapikan, melacak, dan meningkatkan kontrol mutu agar hasil produk jadi lebih baik. ChatGPT AI dapat membantu otomatisasi penilaian kualitas. Contohnya, pekerja di divisi produksi menginput pengukuran atau hasil tes produk, dan AI akan mengkonfirmasi apakah sesuai standar atau tidak.

8. Penanganan Masalah Kegagalan Produksi

Daripada mendelegasikan setiap masalah kepada seorang solution engineer, pegawai frontline dapat melaporkan potensi cacat yang mereka temui saat melakukan inspeksi. Setelah itu, AI dapat membaca deskripsi kecacatan dan memperkirakan tingkat keparahannya berdasarkan petunjuk yang tertera dalam prompt. Dengan memprioritaskan masalah dan mengarahkannya kepada tim yang tepat untuk diproses, ini dapat membantu dalam pengelompokan dan penanganan masalah.

Pemasaran dan penjualan: Tutup setiap penawaran dengan percaya diri

Untuk meningkatkan strategi dan pesan mereka, tim penjualan dan pemasaran dapat memanfaatkan pemahaman mendalam tentang pelanggan. Sebuah generator dan penulis AI dapat membantu dalam menciptakan prompt yang dipersonalisasi dengan mempertimbangkan elemen-elemen penjualan penting dan menjaga responsivitas tim terhadap minat klien, mencegah minat mereka meredup.

9. Perencanaan product launching

Tim pemasaran bisa memasukkan fitur-fitur utama produk baru, audiens target, dan info relevan lainnya. Kemudian ChatGPT AI bisa membuat ringkasan singkat soal peluncuran produk. Hal ini

dapat menjadi dasar awal bagi tim pemasaran untuk memperluas rencana yang sudah lengkap.

10. Bulk Copywriting

Bisnis seperti agen real estate atau seller e-commerce sering perlu membuat deskripsi untuk daftar produk yang panjang. Dengan bantuan ChatGPT AI, seorang spesialis pemasaran dapat menghasilkan salinan daftar secara massal berdasarkan informasi produk yang diberikan. AI membantu menciptakan teks yang menarik dan efektif berdasarkan informasi dan poin penjualan dalam template prompt.

11. Strategi upselling

Daripada harus menelusuri seluruh katalog produk untuk menemukan strategi upselling yang tepat, tim penjualan bisa lebih efisien dengan memasukkan tantangan prospek dan produk yang mereka minati. AI akan bekerja cerdas, memberikan saran produk terkait untuk upselling, dan menggunakan daftar produk dalam template prompt untuk mempercepat proses penyusunan strategi yang efektif.

12. Penyusunan teknik penjualan

Dalam upaya menjual produk kepada pelanggan di lingkungan ritel, staf ritel dapat memasukkan data mengenai produk yang diminati oleh pelanggan. Sistem AI kemudian akan memberikan rekomendasi tentang cara menjual produk tersebut secara efektif di dalam toko, dengan tujuan meningkatkan keterampilan penjualan staf, terutama bagi mereka yang baru bergabung dengan bisnis ini.

Lantas, Bagaimana Cara Implementasinya?

Apapun tim atau bisnis yang Anda geluti, Anda dapat mengikuti tiga langkah di bawah ini untuk mengaktifkan alur kerja berbasis AI Anda. Setelah mendaftar sebagai penyewa Lark dan membangun Basis untuk pekerjaan Anda, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Langkah Pertama: siapkan fiturnya

Ketika mengkonfigurasi bidang baru di Lark Base, klik “AI Generate” untuk memulai prosesnya.

chatgpt ai

Langkah Kedua: Masukkan template permintaan Anda

Untuk membuat template permintaan, masukkan template Anda ke dalam kotak konfigurasi dan tambahkan bidang yang akan menarik perhatian ChatGPT AI. Langkah pertama adalah menyalin kunci API OpenAI dan menempelkannya ke dalam baris yang sesuai, lalu klik Generate.

tips workflow

Langkah Terakhir: Tools Anda sudah siap dipakai!

Bidang akan otomatis terisi setelah diatur. Setiap kali Anda mengubah data di bidang permintaan atau permintaan itu sendiri, Anda hanya perlu kembali ke konfigurasi dan Voilà, kontennya akan diperbarui sesuai permintaan.

lark suite

Penutup

Fitur Autofill dari Lark Base, buatan Lark Suite yang menggandeng OpenAI, adalah perubahan besar dalam produktivitas tim Anda dengan kemampuan untuk membuat dan menyesuaikan template permintaan dan bidang data sendiri. Dengan cara ini, Anda dapat membuat permintaan AI yang mencerminkan sifat pekerjaan tim Anda dan mendapatkan masukan yang memungkinkan kelanjutan pekerjaan, sehingga menghemat banyak waktu dan menghindari ketidakefisienan.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk berbagai divisi dalam bisnis seperti layanan pelanggan, operasional, penjualan dan pemasaran, atau segmen bisnis lainnya di mana karyawan terbebani dengan berbagai tugas yang berbeda, dan memerlukan alat yang dapat membantu mereka mengisi formulir serupa untuk mengorganisir pekerjaan dan membuat proses lebih efektif. Segera hubungi kami sekarang dan jadilah bagian dari pelopor untuk memanfaatkan peluang AI modern di Lark Base ↓

Coba Lark Sekarang: Optimalkan Kolaborasi Tim Anda!

Tingkatkan produktivitas tim Anda dengan Lark sekarang! Dapatkan kolaborasi yang lebih efisien, proyek yang sukses, dan pengalaman kerja yang lebih baik. Coba Lark sekarang dan optimalkan cara tim Anda bekerja!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

Uncategorized
To the top