Tanpa tujuan yang jelas, sebuah proyek tidak akan pernah mencapai milestone apalagi targetnya. Bagaikan kapal yang kehilangan arah di lautan lepas. Tentu Anda tidak ingin hal yang seperti ini terjadi pada perusahaan Anda bukan? Salah satu penyebab utama kegagalan dalam mencapai tujuan adalah kurangnya kejelasan dan fokus. Di sinilah pentingnya memiliki tujuan atau goal yang SMART. SMART Goals adalah kompas yang akan memastikan Anda tetap berada di jalur yang benar dan mencapai tujuan akhir dengan tepat. Bagaimana cara membuatnya? Yuk kita bahas di sini!
Pengertian SMART Goals dan Cara Membuatnya
S.M.A.R.T Goals didefinisikan sebagai 5 langkah SMART, yang tanpa aspek-aspek tersebut, Anda mungkin akan jadi kurang efektif dalam menciptakan kesuksesan. Mari kita kulik lebih jauh, merangkum dari laman Forbes Advisor, SMART Goals itu apa saja sih?
Specific (Spesifik)
Goal atau tujuan yang dibuat harus spesifik, mempunyai capaian atau hasil akhir yang mudah dipahami. Kalau perusahaan Anda bergerak di bidang penjualan, maka goal spesifiknya bisa berupa angka penjualan.
Goal yang dibuat harus mudah diartikulasikan, dipahami, dan diterima oleh seluruh tim. Jelaskan dengan detail apa saja yang harus dicapai dan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai goal tersebut.
Apa yang kita lakukan untuk membuat tujuan menjadi spesifik? Anda dapat mengajukan pertanyaan berikut:
- Siapa yang terlibat dalam tujuan ini?
- Apa yang ingin Anda capai?
- Kapan Anda ingin mencapai tujuan ini?
- Mengapa Anda ingin mencapai tujuan ini?
Measurable (Terukur)
Harus ada angka-angka yang digunakan sebagai metrik untuk mengukur ketercapaian goal. Anda membutuhkan tujuan yang sifatnya kuantitatif, bukan kualitatif.
Dengan begitu, lebih mudah untuk memantau sampai di mana ketercapaiannya. Buatlah data semacam apa yang akan digunakan untuk mengukur capaian goal.
Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda membuat tujuan yang terukur:
- Seberapa besar yang harus Anda capai?
- Apa saja indikator kemajuannya?
- Bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah mencapai tujuan?
- Jadi, setiap kali kita menetapkan tujuan, kita harus bertanya kepada diri sendiri: apakah tujuan itu dapat diukur?
Achievable (Dapat Dicapai)
Saat membuat goal atau objektif, banyak pimpinan yang melupakan bagian ini. Sehingga yang terjadi malah tercipta goal yang di luar nalar, tidak masuk akal, dan sulit dicapai oleh tim.
Jadilah realistis, buatlah goal yang mudah dicapai. Kemudian berusaha meningkatkannya secara perlahan. Percuma jika sudah membuat goal tapi tidak masuk akal dan tidak pernah bisa dicapai.
Menurut studi dari PsychNet, membuat goal yang menantang namun tetap mudah dicapai itu menghasilkan 90% kinerja yang lebih baik.
Sebelum Anda mulai bekerja untuk mencapai tujuan, Anda harus memikirkan hal-hal ini:
- Bagaimana cara mencapai tujuan?
- Apakah Anda memiliki alat/keterampilan yang diperlukan?
- Apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan?
- Apakah tujuan ini realistis dengan sumber daya yang tersedia bagi Anda?
Relevant (Relevan)
Hal paling penting lainnya dari SMART goal adalah poin relevansi. Goal yang dibuat jelas harus berkaitan dengan misi besar perusahaan.
Jangan hanya asal membuat goal hanya karena ingin menilai sesuatu tapi tak selaras dengan tujuan utama perusahaan. Cara utama untuk mengetahui apakah goal yang dibuat relevan atau tidak adalah dengan membuat breakdown apa saja key benefit yang akan diterima perusahaan.
Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menetapkannya:
- Apakah goal ini sepadan?
- Apakah waktunya tepat?
- Apakah Anda orang yang tepat untuk mencapai goal ini?
- Apakah goal ini dapat diterapkan di lingkungan Anda saat ini?
Time-Bound (Terikat Waktu)
Terakhir nih, goal juga harus punya timeline atau deadline. Sebuah goal tanpa deadline ya tidak akan jalan kemana-mana. Bagaimana nanti Anda bisa mendeteksi apakah goal sukses atau gagal?
Maka dari itu, SMART Goals membutuhkan deadline. Tenang saja, bukan berarti Anda dan tim harus menyelesaikan semua pekerjaan dan statusnya jadi “done”. Melainkan, time-bound berarti Anda bisa melakukan evaluasi pada setiap progress yang ada. Kemudian bisa menjadikannya acuan untuk membuat goal yang baru.
Penting bagi setiap orang untuk mengetahui cara mengatur waktu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk tujuan yang ditetapkan waktunya, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Kapan?
- Apa yang dapat Anda lakukan enam bulan dari sekarang?
- Apa yang dapat Anda lakukan dalam X hari/minggu/bulan?
- Apa yang dapat Anda lakukan hari ini?
- Kapan Anda akan mulai melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan?
Apa itu Metode SMART dan contohnya?
Setelah membahas tentang definisi SMART Goal, berikut ini bahasan tentang contoh-contoh penerapan SMART Goals dalam bisnis serta bagaimana itu memenuhi kriteria SMART. Sebelumnya, apa itu SMART dalam tujuan?
Contoh Goal Spesific
- Meningkatkan jumlah pelanggan bulanan dari 1000 menjadi 1500.
- Menurunkan tingkat ketidakhadiran karyawan dari 5% menjadi 3%.
- Meluncurkan kampanye iklan di 3 platform media sosial: Instagram, Facebook, dan TikTok.
- Mengadakan 10 webinar gratis tentang manajemen keuangan pribadi.
- Mengurangi waktu tunggu pelanggan di call center dari rata-rata 5 menit menjadi 2 menit.
Contoh Goal Measurable
- Meningkatkan engagement rate di Instagram dari 2% menjadi 5%.
- Mengurangi konsumsi energi kantor sebesar 20% dalam kilowatt-jam.
- Meningkatkan skor Net Promoter Score (NPS) dari 30 menjadi 50.
- Mengurangi churn rate pelanggan dari 7% menjadi 4% per bulan.
- Meningkatkan produktivitas tim dengan menyelesaikan 25% lebih banyak tugas per sprint.
Contoh Goal Achievable
- Memperluas jaringan distribusi ke 2 kota baru dalam 6 bulan.
- Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karyawan dengan mencapai skor TOEFL minimal 550.
- Mengimplementasikan sistem manajemen proyek baru untuk tim 20 orang.
- Mengotomatisasi 3 proses manual di departemen HR.
- Melatih 50% staf penjualan dalam teknik negosiasi lanjutan
Goal Relevan
- Mengembangkan produk ramah lingkungan untuk mendukung inisiatif keberlanjutan perusahaan.
- Meningkatkan keterampilan kepemimpinan manajer tingkat menengah untuk mendukung rencana suksesi.
- Memperbaharui website perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan konversi.
- Melakukan riset pasar untuk 3 segmen pelanggan potensial baru.
- Mengoptimalkan rantai pasokan untuk mengurangi biaya operasional sebesar 10%.
Goal Time Bound
- Meluncurkan produk baru ke pasar dalam waktu 9 bulan.
- Menyelesaikan audit keamanan IT dalam 4 minggu.
- Mencapai sertifikasi ISO 9001 dalam 1 tahun.
- Mengimplementasikan sistem CRM baru dalam 6 bulan.
- Mengurangi waktu onboarding karyawan baru dari 2 minggu menjadi 1 minggu dalam 3 bulan.
15 Manfaat SMART Goals Bagi Tim Anda
Melansir dari Elevation Vibe, terdapat 15 manfaat dari penerapan SMART Goal yang belum banyak diketahui. Apa saja kah manfaat tersebut?
Meningkatkan Fokus
Manfaat terbesar dari penerapan SMART Goals adalah fokus yang lebih terpusat. Fokus Anda dan tim tidak akan terpecah belah, tapi fikus dan tajam pada satu objektif.
Sehingga tujuan juga lebih jelas dan dipersempit. Gangguan juga jadi berkurang karena tim dapat menyalurkan energi pada tujuan tertentu yang ingin dicapai perusahaan.
Meningkatkan Motivasi
SMART Goals dapat memberikan dorongan besar kepada Anda dan tim, khususnya yang asalnya dari dalam diri. Mengapa? Sebab goalnya itu dapat diukur. Ketika Anda membreakdown goal menjadi beberapa langkah kecil, itu akan meningkatkan motivasi kerja.
Satu per satu to do list tercapai dan diselesaikan, maka dorongan mengerjakan lebih banyak akan hadir. Setiap kemenangan kecil akan membuat Anda makin kelaparan dan menginginkan lebih.
Memperbaiki Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan juga jadi lebih mudah jika menerapkan SMART Goals. Ketika Anda dihadapkan dengan sebuah pilihan, Anda tinggal mengembalikan pada diri Anda “apakah pilihan ini membuat Anda semakin dekat dengan tujuan?”
Pertanyaan sederhana semacam ini bisa membantu Anda memprioritaskan langkah selanjutnya. Menghindarkan Anda dari waktu yang terbuang sia-sia dan tetap berada di jalan yang benar.
Mendongkrak Produktivitas
SMART Goals adalah metode yang mengubah tujuan yang tidak jelas menjadi langkah-langkah yang mudah dilakukan. Pendekatan yang lebih terstruktur semacam ini bisa meningkatkan produktivitas tim Anda.
Anda bisa membuat milestones dan menentukan deadline dari setiap to do list yang ada. Tidak ada lagi tim yang clueless, karena segala hal sudah jelas di depan mata. Aksi yang lebih terfokus ini bisa mengurangi waktu yang tebruang dan lebih cepat mencapai tujuan perusahaan.
Menumbuhkan Ketangguhan Mental
SMART Goal akan membantu Anda dan tim untuk membangun ketangguhan mental untuk meraih kesuksesan. Karena goal bisa membuat seseorang jadi lebih gigih disertai dengan tonggak kemajuan & tonggak pencapaian yang terukur.
Goal juga bisa menjadi challenge tersendiri, sehingga bisa membuat mental yang lebih tangguh. Goal dijadikan sebagai kesempatan untuk belajar, mengatur strategi dan mengasah ketangguhan mental.
Memperbaiki Management Sumber Daya
SMART Goals adalah alat yang memungkinkan Anda mengelola sumber daya secara lebih efektif. Dengan memahami langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mencapai sasaran, Anda dapat mengidentifikasi alat, waktu, dan dukungan yang diperlukan.
Perencanaan ini membantu Anda mengalokasikan apa yang Anda miliki dengan bijak dan menghindari pemborosan sumber daya pada aktivitas yang tidak berkontribusi pada keberhasilan.
Meningkatkan Manajemen Waktu
Salah satu aspek SMART goals adalah Time-Bound, yang merupakan alat ampuh untuk manajemen waktu. Dengan mengatur deadline, bisa menciptakan rasa urgensi dan membantu Anda tetap pada jalur yang benar. Ketika Anda bekerja dengan timeline yang jelas, Anda menjadi lebih proaktif dan cenderung tidak menunda-nunda.
Anggap saja seperti tujuan Anda menjadi coach Anda untuk keterampilan manajemen waktu yang lebih baik.
Mengurangi Stress
Salah satu penyebab utama stres adalah perasaan kewalahan atau tersesat. Dengan menerapkan SMART goal bisa mengatasi hal ini dengan menyediakan struktur dan road maps.
Alih-alih menghadapi sasaran yang tidak sesuai kapasitas dan ambigu, Anda memiliki langkah-langkah yang lebih kecil dan mudah dikelola.
Kejelasan ini menumbuhkan rasa kendali dan secara signifikan mengurangi tingkat stres pada Anda ataupun tim Anda.
Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Setiap kali Anda mencapai milestone dalam perjalanan mencapai SMART goal Anda, keyakinan Anda pada diri sendiri tumbuh lebih kuat. Anda mulai melihat diri Anda sebagai seseorang yang mampu mencapai hal-hal hebat.
Meningkatnya rasa percaya diri ini meluas ke area lain dalam hidup Anda, membuat Anda lebih berani dan lebih bersedia mengambil risiko.
Tahukah Anda bahwa mereka yang berada di posisi eksekutif top 91%, lebih suka untuk keluar dari zona nyaman mereka demi mengejar tujuan mereka.
Menciptakan Mindset yang Lebih Apresiatif
SMART Goals adalah dorongan bagi Anda untuk merayakan kemenangan dan pencapaian. Mengakui kemenangan-kemenangan kecil tersebut tidak hanya menyenangkan – tetapi juga memperkuat perilaku positif dan membuat Anda tetap termotivasi.
Hal ini menumbuhkan pola pikir rasa syukur dan apresiatif, sehingga seluruh proses penetapan objective ke depannya menjadi lebih menyenangkan.
Meningkatkan Skill Pemecahan Masalah
Proses untuk mencapai SMART goal pasti melibatkan tantangan baik secara eksternal ataupun internal. Dengan mengatasi hambatan ini, Anda mengembangkan keterampilan memecahkan masalah.
Anda belajar menganalisis situasi, mencari solusi, dan membuat keputusan yang tepat – keterampilan yang dapat diterapkan di semua bidang kehidupan. Baik dari segi professional maupun personal.
Menumbuhkan Kemampuan Adaptasi
SMART goasl adalah alat yang akan membantu Anda untuk bersikap fleksibel dan mudah beradaptasi. Jika Anda menemui kendala, Anda akan menilai kembali situasi tersebut, menyesuaikan strategi, dan menemukan cara alternatif untuk terus maju.
Kemampuan beradaptasi ini membuat Anda lebih tangguh menghadapi perubahan dan keadaan yang tidak terduga. Apalagi di dunia bisnis, dinamika sangat deras terjadi.
Meningkatkan Self-Awareness
Menetapkan dan mengejar SMART goal sering kali mengungkap awareness berharga tentang kekuatan, kelemahan, dan motivasi Anda.
Anda dapat menemukan bakat terpendam, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, atau memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang apa yang benar-benar memotivasi Anda.
Menurut Persuasion Nation, 43% orang yang membuat SMART goals merasa bahwa itu semua terasa jadi lebih mudah untuk mencapainya.
Akuntabilitas Semakin Kuat
Aspek spesifik dan dapat diukur yang dimiliki SMART goal membuat Anda bertanggung jawab atas kemajuan diri. Goal yang tidak jelas memungkinkan adanya banyak alasan yang tidak mendukung kemajuan, tetapi SMART goal memberikan lebih sedikit ruang gerak.
Akuntabilitas bawaan ini meningkatkan peluang Anda untuk tetap berada di jalur yang benar dan memperkuat komitmen Anda mencapai goal yang diinginkan perusahaan.
Menumbuhkan Rasa Puas
Mungkin salah satu manfaat paling hebat dari SMART goals adalah rasa bangga yang luar biasa yang Anda rasakan saat akhirnya berhasil mencapainya.
Mengetahui bahwa Anda dan tim telah menetapkan target yang jelas, bekerja keras, dan mencapai sesuatu yang berarti akan mendatangkan rasa kepuasan dan kebanggaan yang mendalam.
Kesimpulan
SMART Goals adalah strategi yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai tujuan bisnis.
Apalagi jika Anda tidak bekerja sendirian, dalam kerja sama tim, framework ini merupakan alat yang dapat diandalkan. Sebgaimana 15 manfaat yang bisa Anda perolah di atas.
Namun, penerapannya juga akan lebih mudah jika Anda bisa mendapatkan tools yang bisa diakses seluruh tim, bukan?
Dengan menggunakan Lark Suite dari Weefer, Anda dapat dengan mudah melacak dan mengelola tujuan tim Anda, memastikan bahwa Anda dan tim tetap berada di jalur yang benar.