libur nasional 2025

Sah! Ini Daftar 27 Hari Libur Nasional 2025 dan Cuti Bersama

Share on:

Libur, libur dan libur hampir semua orang selalu mendambahkan momen ini. Jadi, mengapa daftar libur nasional 2025 ini sangat amat dinantikan? 

Kita semua tahu bahwa liburan itu baik untuk kesehatan, namun masih ada loh sejumlah dari kita yang “meremehkan” hal ini. Ada sebuah temuan menarik dari US Travel Association. Temuan tersebut melaporkan kalau ada sebanyak 768 juta hari cuti yang tidak terpakai, dengan lebih dari 30% di antaranya benar-benar hangus tak ada kompensasinya. 

Istirahat dan tidur selama liburan saja ternyata tetap dapat membantu Anda kembali bekerja dengan pikiran yang lebih jernih serta lebih fokus dan produktif. Sebuah studi dari Ernst & Young menunjukkan kalau untuk setiap 10 jam waktu liburan yang diambil oleh pekerja, kinerja akhir tahun mereka akan meningkat sebesar 8%.

libur nasional 2025 itu penting untuk kesehatan

Liburan secara rutin dapat membantu mengurangi risiko penyakit metabolik, seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, lemak perut berlebih, dan kadar kolesterol yang kurang normal. Semua gejala ini meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Sebuah jurnal riset yang dilakukan selama 9 tahun ke lebih dari 12.000 pria paruh baya yang berisiko tinggi penyakit jantung pernah dilakukan. Hasilnya, mereka yang lebih sering berlibur setiap tahunnya cenderung lebih sedikit yang meninggal akibat penyakit apapun, termasuk serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Ada juga laporan ilmiah yang menyebut kalau menghabiskan waktu selama 120 menit untuk jalan-jalan di taman, hutan, atau pantai dapat meningkatkan kesehatan dan Well-being menjadi lebih baik. 

Nah, dengan berbagai manfaat dari liburan tersebut, mari simak daftar libur nasional 2025 ini untuk segera merencanakan liburan Anda.

Surat Keputusan Bersama 3 Menteri tentang Libur Nasional 2025

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait penetapan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk tahun 2025. SKB ini mencakup Nomor: 1017 Tahun 2024, Nomor: 2 Tahun 2024, dan Nomor: 2 Tahun 2024.

Anda bisa mengunduh surat resminya di sini.

Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan kepastian dan kemudahan bagi masyarakat dalam merencanakan aktivitas dan kegiatan mereka sepanjang tahun. Selain itu, keputusan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Hari libur nasional yang ditetapkan mencakup berbagai perayaan keagamaan, hari besar nasional, serta hari-hari penting lainnya yang memiliki makna historis dan budaya bagi bangsa Indonesia. Misalnya, perayaan Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan Tahun Baru Masehi. Selain itu, cuti bersama juga ditetapkan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati waktu libur yang lebih panjang, yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Daftar Hari Libur Nasional 2025 + Cuti Bersama

daftar hari libur nasional 2025

Buat karyawan ini blessing, buat tim HR yang harus ngelola shift di hari-hari tersebut, ini curse hehe.

Tenang, nanti semua sisi bisa jadi blessing kok asalkan tim HR punya sistem untuk mengelola semua penjadwalan shift ini. Tak usah bingung karena Anda sudah menemukannya di sini.

Manage Semua Operasional HR Anda mulai dari A-Z bersama kami!

Siap untuk meningkatkan kualitas HR Anda ke level berikutnya?

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

A. Alfan Alif
To the top
email-subscribe

Subscribe untuk mendapatkan Tips Terkini untuk Keberhasilan Transformasi Digital Anda!