sap erp

Apa itu SAP ERP? Kenali Pengertian dan Fungsinya disini!

Share on:

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan software cloud yang memberikan solusi bagi perusahaan dalam mengelola dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis. Mulai dari pengelolaan keuangan, pengadaan, supply chain, manufaktur hingga sumber daya manusia. Di antara ERP yang ada di dunia ini, SAP ERP merupakan yang paling tersohor dan  banyak digunakan. 

Apakah SAP ERP cocok untuk perusahaan Anda? Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan apa itu SAP dan ERP, dan fungsinya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih ERP terbaik bagi bisnis Anda!

Apa itu SAP ERP?

Apa itu sistem SAP ERP? Mari kita coba melihat definisi dari berbagai sumber yang sudah kami rangkum di sini.

Apa itu SAP ERP

Popularitas SAP yang mendominasi pasar juga diamini oleh Forbes dalam artikelnya, SAP ERP adalah solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang disediakan oleh SAP SE. 

SAP ERP adalah yang paling populer di antara ERP lain karena pangsa pasarnya yang besar. Digunakan oleh sekitar 39.668 perusahaan dan 75.000 pelanggan di 120 negara.

Merangkum dari Online Journal Taylor & Francis, seperti ini para ahli mengartikan SAP ERP.

Sistem SAP ERP sangat penting untuk membuat proses bisnis dan operasi lebih sederhana sehingga bisnis dapat lebih efisien dan efektif. (Budiman, dkk. 2021)

Namun, sebagian besar operasi administratif dan bisnis, termasuk lini bisnis, departemen yang berhadapan dengan pelanggan, dan manajemen aset dari suatu organisasi, diotomatisasi dan didukung oleh solusi ERP di berbagai industri. (Grant Thornton, 2022)

SAP ERP juga dapat membantu menjaga semua data perusahaan, informasi keuangan, dan informasi berharga lainnya dengan sistem keamanan terbaik. (Jiwon, M. 2022)

Baca Juga17 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik Yang Bisa Digunakan di Indonesia Berdasarkan G2

4 Fungsi SAP ERP untuk Bisnis Anda

Dalam implementasinya, SAP bisa bervariasi, tergantung pada tujuannya, bahkan bisa memilih yang sistemnya cloud-based atau hybrid system. Spesifikasi fitur dan prosesnya juga bergantung pada kebutuhan operasional perusahaan. Namun pada dasarnya, semua fungsinya mengacu pada beebrapa keuntungan sebagai berikut:

4 Fungsi SAP ERP untuk Bisnis Anda

1. Mengelola Data yang Lebih Baik

Metrik dan pengukuran kinerja sangat penting untuk menilai keberhasilan bisnis dan membantu menetapkan tujuan masa depan. Namun, seiring pertumbuhan bisnis, akan semakin sulit untuk menghitung margin penjualan, rasio profit, dan metrik lainnya secara manual.

Dengan bantaun SAP ERP memungkinkan tersedianya laporan yang diautomatisasi dan disinkronkan dengan standarisadi dan metrik perusahaan. Sehingga seluruh staf juga dapat lebih mudah mengaksesnya. 

2. Meningkatkan Efisiensi Kinerja 

Sistem SAP ERP bisa mengeliminasi operasi berulang yang secara signifikan mengurangi aktivitas manual. Hal ini akan meningkatkan produktivitas, karena kerja-kerja manual bisa diotomatisasi. 

Yang mana juga meminimalisir kesalahan semacam human error. Operasional bisnis juga jadi lebih rampinng, lebih sederhana dan bisnis juga tetap mudah dipantau sesuai dengan jalurnya. 

3. Mudah Dikustomisasi Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Karena kebutuhan setiap bisnis unik, setiap bisnis bisa mendapatkan sistem SAP yang customized. Hal semacam ini mempertimbangkan spesifikasi operasional dan departemen. 

Sistem SAP ERP mudah, fleksibel, dan dapat disesuaikan. Ia termasuk adaptif karena modul sistem yang bervariasi ada untuk departemen yang berbeda, termasuk modul penjualan dan distribusi, manajemen produk, keuangan, dan manajemen staf.

Bahkan bisa digunakan di berbagai macam perangkat. Mau itu via desktop ataupun handphone. Mobilitasnya jadi lebih tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. 

4. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan 

Implementasi ERP yang memadai memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan dalam waktu yang sangat singkat. Menjaga kepuasan pelanggan sambil menangani penjualan dan inventaris secara efektif. Akan sangat rumit jika memiliki data pelanggan dan inventaris yang sistemnya terpisah. Bisa-bisa terjadi kesalahan ketersediaan. Sangat riskan. 

ERP membantu update informasi terkini sambil membuatnya lebih mudah untuk pembaruan semua data secara real-time. Hal ini akan membantu pelanggan untuk mengakses informasi yang akurat dan terkini serta lebih efektif mengatasi masalah pelanggan. 

Baca JugaTips dan Kriteria Memilih Vendor ERP Terbaik dari Deloitte di 2024

Jenis Software SAP ERP yang Perlu Anda Tahu

Berikut jenis-jenis software SAP ERP yang perlu Anda ketahui:

Jenis Software SAP

SAP Business Suite atau R/3

Jenis yang satu ini adalah produk perdana yang diluncurkan oleh SAP. Sistem software ini telah dirancang dengan program yang telah disesuaikan dengan kebutuhan calon user

Selain itu, bahasa pemrogaman yang digunakan adalah ABAP. SAP Business Suite bisa membantu bisnis skala kecil sebab biaya dan durasi penggunaannya cenderung lebih singkat. 

SAP All-in-One atau A1 (SAP IS)

Berikutnya adalah SAP All-in-One yang merupakan versi lanjutan atau upgraded version dari pendahulunya. Dicocokkan dengan calon user dengan bahasa pemprograman ABAP. SAP A1 ini punya best practice yang khusus menyasar bisnis mulai dari skala menengah hingga bisnis yang besar.

SAP Business One atau B1

Sementara SAP B1 ini menjadi produk dari SAP yang dianggap paling ekonomis. Modul-modulnya bisa fleksibel untuk segala jenis perusahaan. Keunggulan yang ditawarkan adalah Add On Modul. 

Dengan rentang waktu implementasinya yang cukup panjang, yaitu 3-6 bulan. Skala bisnis kecil, menengah ataupun besar bisa menggunakan sistem SAP yang satu ini.

SAP S/4 HANA

Dirilis pada 2015 silam dan digadang menjadi penerus SAP Business Suite, SAP S/4HANA bisa dipakai untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih komplekas dan bisa mengelola data yang jumlahnya lebih besar lagi. Untuk sistem SAP ini tersedia cloud-based system. 

Sebagai versi upgrade dan penerus SAP pendahulunya. SAP HANA telah terintegrasi dengan teknologi machine learning dan artificial intelligence (AI) yang bisa melakukan analisis data lebih besar dan mengotomatisasi kerja-kerja administratif. 

Dilengkapi dengan modul yang fleksibel, SAP HANA memungkinkan bisnis Anda untuk melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan. Mulai dari dapat digunakan on premises atau di sistem cloud. 

Temukan Partner Resmi SAP ERP Tepercaya di Indonesia

Sebuah laporan yang dirilis NetSuite menunjukkan, 66% perusahaan menyatakan sistem ERP telah membantu banyak dalam efektifitas dan efisiensi operasional mereka.

Tentu Anda juga menginginkan kienrja operasional yang lebih efektif dan efisien pula, bukan? 

Perusahaan yang sedang berkembang akan membutuhkan lebih dari sekadar spreadsheet untuk tracking dan mengelola informasi bisnis penting. 

Sistem ERP mengintegrasikan perangkat lunak bisnis dari seluruh perusahaan — termasuk CRM, HCM, SCM, dan lainnya — menjadi satu tempat terpusat.

Kabar baiknya, Anda bisa berkonsultasi kebutuhan sistem ERP yang paling sesuai dengan skala bisnis Anda bersama Weefer. 

Weefer telah menjadi partner dari SAP sejak tahun 2017. Dimulai dengan mengimplementasikan solusi SAP SuccessFactors ke sejumlah klien, sekarang kami juga membawa program Grow with SAP untuk membantu memenuhi kebutuhan bisnis lainnya di Indonesia.

Konsultasikan kebutuhan Anda gratis!

FAQ Mengenai SAP ERP

FAQ Mengenai SAP ERP

Apa itu SAP ERP?

SAP ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem terintegrasi yang mengelola dan mengotomasi berbagai fungsi bisnis seperti keuangan, HR, produksi, dan logistik di dalam satu platform.

Bagaimana SAP ERP dapat membantu perusahaan?

SAP ERP membantu perusahaan dalam menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi operasional, dan menyediakan wawasan mendalam tentang berbagai aspek bisnis, sehingga memudahkan pengambilan keputusan yang lebih informasi.

Apa perbedaan antara SAP ERP dan SAP S/4HANA?

Produk SAP S/4HANA adalah versi terbaru dari SAP yang menggunakan basis data in-memory SAP HANA, yang menawarkan pemrosesan data lebih cepat, antarmuka pengguna yang lebih intuitif, dan teknologi canggih lainnya.

Mengapa memilih SAP S/4HANA?

SAP S/4HANA menawarkan performa yang superior dengan kemampuan real-time processing, interface yang lebih modern melalui SAP Fiori, dan fitur-fitur canggih yang mendukung inisiatif digitalisasi perusahaan.

Apakah SAP ERP cocok untuk semua jenis dan ukuran bisnis?

SAP ERP dirancang untuk fleksibel dan dapat disesuaikan, sehingga cocok untuk berbagai jenis dan ukuran bisnis, dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar dan multinasional.

Ingin merasakan manfaat dari pengelolaan Supply Chain yang Lebih Proper?

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi. Mulai konsultasi gratis dengan kami untuk cari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan di bisnis Anda

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang

Share on:

Author

Wahyu Dwi

Categories: (1)

SAP S/4HANA

Tags: (1)

SAP ERP
To the top